Wisata Sambil Belajar di Wisata Kebun Teh Wonosari Lawang, Destinasi yang Siap Memanjakan Mata

Udara sejuk ini tiba-tiba mengalir lembut dalam setiap nafas yang kuhirup, melupakan sejenak kemacetan jalan serta hiruk pikuk kegiatan manusia yang baru saja kulalui. Sepanjang mata memandang terlihat landscape bentangan penuh warna hijau yang menyegarkan mata.

Bertempat di Lawang, sekitar 30 Km ke arah utara dari Kota Malang, Objek Wisata Agro Kebun Teh Wonosari ini telah menghipnotisku.

Setelah berbagai rencana wisata di hari libur gagal terealisasi karena beberapa hal, aku akhirnya mencari alternative lain, pada akhirnya kutemukan Wisata Kebun Teh Wonosari. Kata teman-temanku, wisata di Wonosari ini tidak kalah dengan wisata puncak di Bogor, hanya kalah pamor saja.

Untuk memasuki agrowisata ini, aku merogoh kocek sebesar Rp 12.000 di pintu masuk, bentangan alam yang indah ini menyambut kedatanganku. Kebun teh pertama di Jawa Timur ini menyajikan kesegaran udara yang bersih bebas polusi serta panorama yang berkesan di hatiku.

keindahan kebun teh wonosari lawang. source: dok.pribadi

Akses jalan menuju kebun ini cukup mudah karena lokasinya berada tidak jauh dari pusat daerah Lawang, bahkan sebenarnya bisa juga menggunakan angkot untuk sampai di wisata ini dengan rutenya yaitu dari Kota Malang ke arah Surabaya dan turun di terminal Lawang. Kemudian naik angkot jurusan Wonosari.

Setelah memarkir kendaraan, aku berjalan-jalan di sekitar mencari beberapa petunjuk tentang kebun teh ini, mengingat ini baru pertama kalinya aku mengunjungi kebun ini walau sebenarnya jarak rumahku dan wisata ini tak terlalu jauh.

Cukup info yang kuperoleh, aku mengawali petualanganku di kebun ini dengan berjalan-jalan menyusuri luasnya kebun teh di lereng Gunung Arjuno ini. Daerah yang sejuk dengan hamparan hijau kebuh teh seluas 1.144 hektar yang sedang ranum-ranumnya membawa iklim dan udara segar ketika aku berada disana. Tak lupa sembari menyusuri kebun teh, aku ditemani dengan segelas Green Tea hangat yang baru saja kubeli di foodcourt Kebun Teh Wonosari.

Beberapa rombongan pengunjung yang sepertinya keluarga besar dari luar kota mengiringi jalanku menyusuri rindangnya kebun teh. Ada yang berfoto-foto, ada pula yang mencoba memegang dengan penasaran pucuk daun the, daun yang dipercaya berharga mahal dan menghasilkan teh yang enak.

Beruntung, pada kesempatan itu aku sempat melihat beberapa petani yang sedang memetik daun teh. Melihat secara langsung bagaimana daun teh dipetik lalu diolah sedemikian rupa hingga menjadi minuman sehari-hari telah menumbuhkan keingintahuanku lebih tentang serba serbi teh.

memetik teh di kebun teh wonosari. source: dok. pribadi

Cukup lama aku berbincang dan bertanya-tanya dengan para petani, dengan sedikit keberanian aku meminta izin untuk membantu mereka. Well, pertama kalinya aku mencoba untuk memetik daun teh susah-susah gampang, ternyata aku tidak boleh asal petik daun teh saja, harus dipilah mana yang sudah siap petik dan yang belum karena kualitas rasa teh yang dihasilkan bergantung pada kualitas pemilihan teh yang dipetik.

Puas bisa berwisata sambil belajar dari para petani, aku akhirnya berpamitan dan kembali berjalan menyusuri luasnya kebun teh.

Kemudian tak berselang lama, aku melihat keramaian orang-orang sedang berkumpul. Penasaran, aku berjalan menuju arah gerumbulan tersebut. Ternyata rombongan tersebut tengah asyik melihat kawan-kawannya tengah berlomba dalam outbound. Tidak hanya pemandangan saja yang ditawarkan oleh kebun agrowisata ini, melainkan juga aktivitas seru.

Beberapa fasilitas wisata seperti flying fox, berkuda, wall climb, paint ball, kendaraan ATV, sepeda air dan banyak fasilitas seru lainnya tengah dipadati pengunjung.

mengendarai ATV di kebun teh. source: dok. pribadi

Kehangatan berkumpul bersama dengan orang tersayang mulai terasa mendampingi kesejukan kebun teh yang sedari awal telah menemaniku.

Para pengunjung yang baru datang telah memadati fasilitas penginapan seperti hotel, villa dan bungalow yang telah disediakan di Kebun The Wonosari ini.

Menikmati keindahan alam bersama keluarga besar memang adalah salah satu alternative untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Terlebih jika selama wisata, kita mendapatkan pengalaman serta ilmu baru akan menjadi nilai plus bagi pengalaman yang tak terlupakan.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 3 sore, sudah waktunya aku untuk mengakhiri petualanganku di kebun teh ini. Berwisata sambil belajar, sambil menyelam minum air. Tak hanya bersenang-senang saja, tapi ada ilmu baru yang kuperoleh dari wisata kali ini. Sampai jumpa Kebun The Wonosari!