Tips Trekking Seru Ke Pulau Padar

Siapa yang tidak tahu Pulau Padar? Pulau indah ini merupakan pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo. Dari Labuan Baju setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dengan perahu untuk sampai di pulau ini. Pulau yang terdiri dari padang savana ini sangat kering dan tandus. Bagi kamu yang ingin mencoba liburan dengan trekking ke Pulau Padar, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan.

Kapal merapat di Pulau Padar

Pertama, siapkan fisik yang sehat dan prima. Untuk bisa sampai ke puncak Pulau Padar, kamu harus trekking kurang lebih 45 menit sampai satu jam. Jika kamu berangkat terlalu siang, bersiaplah untuk bersahabat dengan teriknya matahari yang sangat menyengat. Siapkan air minum dan cemilan untuk menemani kamu trekking dan berfoto ria. Tapi perlu diingat, leave nothing but footprint ! Kantongi sampahmu dan bawa kembali pulang 🙂

Kedua, karena begitu panasnya di puncak Pulau Padar usahakan untuk tidak trekking terlalu siang. Kamu bisa berangkat lebih pagi dari Labuan Bajo atau memilih untuk berangkat sore sambil berburu sunset di puncak Pulau Padar.

Ketiga, yang pasti wajib dibawa adalah sunblock, topi, dan kacamata hitam. Topi dan kacamata hitam selain untuk melindungi diri dari terik matahari juga agar tetap bisa bergaya saat foto. Oleskan sunblock sesering mungkin untuk melindungi kulit agar tidak terbakar matahari.

Keempat, gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman ketika trekking karena medan yang dilalui lumayan susah dan sempit. Jika kamu ceroboh, maka kamu bisa langsung tergelincir ke laut.

Kelima, jangan merokok !!!!! Ini sangat wajib dilaksanakan mengingat Pulau Padar terdiri dari hamparan rumput kering dan gersang. Serta angin yang sangat kencang  akan mudah menerbangkan sisa bara api dari rokok yang dikhawatirkan bisa membakar area rumput kering tersebut.

Jalur Trekking Pulau Padar

 

Pemandangan Saat Trekking

Selesai trekking ke Pulau Padar kamu bisa melanjutkan untuk trekking ke pulau-pulau lain di sekitar Taman Nasional Komodo yang gak kalah indahnya seperti Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang merupakan habitat asli hewan purba tersebut. Selain itu ada Gili Lawa Darat, Pulau Kalong, Pink Beach, hingga berenang dengan para manta di perairan Taman Nasional Komodo.

Yang pasti kamu gak akan pernah nyesel bisa berkunjung ke Labuan Bajo. Capek dan perjuanganmu akan dibayar dengan pemandangan indah gugusan pulau-pulau yang tersebar di area Taman Nasional Komodo serta birunya air laut yang menambah keindahan alam Labuan Bajo. Untuk kamu yang ingin menikmati sensasi terombang ambing di lautan, kamu bisa mencoba living on board selama beberapa hari sebagai pilihan liburan kamu. Pastinya akan menambah pengalaman dan petualangan kamu berkeliling Taman Nasional Komodo. Bagaimana tertarik untuk berlibur ke Labuan Bajo?

Happy Holiday 🙂