Takut Traveling ke Mancanegara Karena Tidak Mengerti Bahasa Asing? Coba Trik Mudah Ini

Persoalan bahasa seringkali menjadi kendala dalam berkomunikasi, bahkan dengan sesama pengguna bahasa yang sama saja bisa menimbulkan salah paham. Apalagi jika traveling ke mancanegara yang otomatis bahasanya berbeda. Mungkin bisa menjadi semacam “kepanikan” sendiri. Banyak cara dilakukan untuk berkomunikasi antar manusia pengguna bahasa yang berbeda, misalnya dengan simbol atau kode-kode. Menguasai Bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa universal yang paling banyak digunakan di dunia kadang-kadang tidaklah cukup. Bahasa asing selain Bahasa Inggris, terutama bahasa resmi negara tujuan sebaiknya juga dipelajari.

Jika hendak traveling ke mancanegara dan Kamu tidak mengerti satupun bahasa di negara yang akan dituju, tidak perlu terlalu cemas. Di abad ke-21 ini teknologi sudah sedemikian canggih untuk mengatasi hal-hal semacam itu. Kamu hanya perlu tahu cara yang tepat dan sederhana untuk mengatasi masalah perbedaan bahasa ini. Ketidaktahuan akan satu bahasa bukanlah hal yang mencemaskan seandainya Kamu melakukan trik berikut ini.

Unduh aplikasi Google Translate di App Store (IOS) atau Google Play (Android). Aplikasi ini disediakan gratis alias Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mengunduh dan mengunakannya. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi dan lakukan langkah penyetelan dan percobaan seperti di ilustrasi berikut (ilustrasi ini dari aplikasi Google Translate versi IOS):

1. Penyetelan
Tap simbol gerigi di kanan bawah untuk melakukan penyetelan. Agar kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara offline, tap “Terjemahan Offline”.¬†Kemudian unduh bahasa yang diinginkan dengan menggunakan simbol + pada kanan atas layar.

Penyetelan Google Translate
Penyetelan Google Translate

2. Penggunaan
Untuk menterjemahkan, setelah memilih bahasa, tap simbol pena untuk mengetik kalimat yang akan diterjemahkan. Selain diketikkan, Kamu juga bisa menggunakan fitur suara untuk menterjemahkan. Gunakan simbol mikrofon dan mulai pengucapan. Jika pengucapanmu kurang bagus dan takut tidak dimengerti, perlihatkan atau perdengarkan saja hasil terjemahan kepada lawan bicara.

Penggunaan Google Translate
Penggunaan Google Translate

Tidak sulit kan? Selamat mencoba!