Slovenia, Negeri Seribu Goa yang Menyuguhkan Sisi Eropa Yang Berbeda

Mungkin sebagian besar orang tidak kenal dengan negara ini. Slovenia memang kalah populer dengan negara-negara Eropa seperti Prancis, German, Belanda atau pun Spanyol. Namun negara ini menyimpan keindahan yang tak kalah dibandingkan dengan negara-negara popular tersebut dan diam-diam negara ini mulai menarik hati banyak wisatawan.

Slovenia adalah negara pecahan Yugoslavia, yang baru merdeka pada tahun 1991. Negara ini tercatat sebagai negara termuda di Eropa. Secara geografis negara ini berbatasan langsung dengan Italia di sebelah barat, Laut Adriatik di barat daya, Hungaria di timur laut, Austria di utara dan Kroasia di Selatan dan timur. Letaknya sangat strategis. Berada di tengah Benua Eropa, tempat di mana asimilasi dan persilangan budaya antara Eropa Barat dan Eropa Timur terjadi. Slovenia dianugrahi bentangan alam yang indah dan tidak dijumpai di negara-negara Eropa lainnya. Slovenia adalah surga kecil di benua Biru dan mulai mencuri perhatian banyak orang. Tak heran jika jumlah pelancong yang bertandang ke  negara ini meningkat dari tahun ke tahun.

Slovenia menyajikan Eropa yang berbeda. Jika kebanyakan negara-negara Eropa terkenal dengan sejarah, bangunan tua, arsitektur, seni dan kemajuan ilmu pengetahuannya maka Slovenia sangat terkenal dengan bentangan alamnya yang indah. Maka bagi penikmat dan pencinta alam, jika hendak berkelana ke Eropa, negara ini wajib masuk dalam list destinasi.

Sarana dan prasarana di negara ini juga tak kalah dengan negara-negara Eropa lainnya.  Transportasi dengan ketepatan waktu yang patut diacungi jempol. Wifi yang tersedia secara gratis di pusat-pusat kota. Informasi dan layanan wisatanya juga bisa didapatkan di pusat informasinya di kota Ljulbjana maupun dari halaman web pemerintahan Slovenia. Berbagai festival budaya dan seni juga sering diselenggarakan di negara ini.

Slovenia bisa dijangkau dari banyak tempat yaitu dari Munich German, Autria ataupun dari Venice, Italy. Menurut saya pribadi lebih mudah menuju negara ini dari venice. Karena Venice banyak dilayani oleh low cost arline sehingga kemungkinan untuk mendapatkan tingkat murah lebih besar. Disamping itu banyak tersedia travel dari venice menuju Slovenia.

Hampir 40 % wilayah negara Slovenia adalah batuan karst. Lembaga penelitian kars Slovenia (Karst Research Institute at ZRC SAZU) mencatatat pada tahun 2011 terdapat 10,250 goa yang sudah terigistrasi dan masih memungkinkan untuk ditemukan goa-goa baru lainnya. Maka tak berlebihan bagi saya pribadi menyebut negara ini sebagai negara seribu goa. Dua goa yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan  adalah Postojna dan Skocjan. Goa ini telah dijadikan tempat wisata ratusan tahun yang lalu dan telah dikunjungi pelancong dari berbagai negara. Tidak hanya untuk menikmati keindahannya namun juga sebagai wisata edukasi terutama untuk para pelajar. Inilah laboratorium alam  yang telah disediakan untuk memahami berbagai fenomena.

Goa Postojna

Goa Postojna adalah goa paling terkenal di Eropa dan merupakan goa terpanjang di Slovenia dengan panjang lebih kurang 20 Km. Goa ini sudah dikenal dan ditemukan sejak abab ke 17.Goa ini tercatat sebagai satu-satunya goa yang dapat dimasuki dengan sebuah kereta tua. Railway di goa ini tercatat sudah berumur kurang lebih 140 tahun .

Memasuki lorong-lorong goa, menikmati keindahan staglaknit,  stalagmite dan berbagai formasi batuan yang unik di atas sebuah kereta tua hanya akan ditemui di sini. Setelah kereta mencapai titik pemberhentian, para pengunjung dapat  melihat dan menikmati berbagai misteri perut bumi ini dengan berjalan kaki  yang berakhir di sebuah hall yang disebut chamber hall. Hall ini mampu menampung lebih dari 10.000 penonton. Ini sungguh luar biasa.  Menjadi pengalaman unik tentunya, jika  bisa menyaksikan sebuah konser di dalam sebuah goa.

Keunikan  lain, Postojna ini menjadi satu-satunya habitat human fish (Proteus anguinus) di dunia. Human fish adalah ikan yang dapat hidup di dalam gelap, bertahan hidup ratusan tahun dan bisa hidup tanpa makanan lebih dari 10 tahun. Ikan ini disebut sebagai alien Vertebrata. Ikan ini memiliki empat kaki, memiliki ekor untuk berenang, warnanya seperti albino.

Tak cukup dengan berbagai keunikan di atas, goa ini pun terhubung pada sebuah kastil yaitu kastil Predjama. Kastil ini  dibagun pada salah satu lekukan goa ini. Kastil ini tercatat sebagai kastil terbesar di dunia. Berbagai pertunjukan dan event banyak di gelar di kastil ini. Berasa berada di negeri dongeng ketika menyaksikan sebuah kastil  nan megah berdiri dalam sebuah lekukan goa dengan umur hampir 800 tahun dan tinggi mencapai 123 meter. Konon katanya, dalam Kastil ini terdapat  lorong misterus yang terhubung langsung dengan perut goa.

Goa Škocjan

Goa Škocjan adalah goa lain yang sangat worthed untuk dijambangi. Panjang goa ini hanya 5,8 km namun memiliki kedalam hampir 250 m.  Sejak tahun 1986, goa ini tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia (Unesco world heritage) dan permukaan bumi di atas goa dijadikan sebagai salah satu taman nasional.

Beberapa alasan mengapa akhirnya goa ini  masuk dalam Unesco World Heritage adalah memiliki underground canyon terbesar di dunia, Velika dan Mala dolina adalah bagian dari gua ini dengan lubang yang sangat besar. Berbagai fenomena kars berkembang dalam lorong yang sempit, dan terdapat berbagai fenomena alam lainnya seperti air terjun cahaya dan jembatan yang terbentuk secara alami, dan  penemuan lainnya.

Sepanjang perjananan mengekplore goa, pengunjung  tak akan berhenti-hentinya berdecak kagum.  Melewati sebuah grand canyon yang sangat besar, seakan-akan sedang tidak berada dalam sebuah goa.  Cekungan besar yang telah dihubungkan dengan jembatan besi. Sehingga pengunjung bisa menyeberangi cekungan tersebut.

Menyusuri sungai dalam goa  dengan warna hampir menyerupai hijau tosca adalah kenikmatan tersendiri. Jalan-jalan setapak dengan pagar permanen telah dibangun dengan rapih. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pengunjung yang ingin mengeksplore goa ini lebih dalam.  Pada bagian tertentu dari goa ini, pengunjung berjalan menyusuri sungai dalam kegelapan. Samar-samar dari jauh kelihatan pancaran cahaya.

Menikmati staglaknit dengan berbagai macam formasi batuan adalah sensasi utama berwisata ke dalam goa. Ketidakteraturan formasi batuan menghasilkan karya seni maha tinggi.  Yang mungkin tak mampu diciptakan oleh manusia.

Melihat sungai dengan kedalaman 350 meter menghilang, masuk dalam lorong sempit.  Namun pada bagian lain, air sungai pun kembali nampak keluar tapi pada kedalaman 150 meter.  Apa yang terjadi  masih menjadi misteri besar. Mengapa hal ini bisa terjadi.

Pada bagian dan lorong-lorong yang besar, Goa ini sudah dilengkapi dengan penerangan listrik bahkan alunan musik.

Masih banyak goa-goa lain yang bisa dinikmati di Slovenia. Namun dua goa ini adalah yang paling utama. Dua buah goa yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai demi kenyamanan pengunjung untuk menikmati  dan mempelajari karya seni ciptaan tuhan.