Sebelum Benar-Benar Mati, Buruan Datang ke Rawa Mati

Di Sumatera Barat ini apa saja bisa menjadi indah karena memang setiap senti tanahnya indah, termasuk pohon mangrove yang sudah mati. Tidak percaya? Ayo datang ke Pantai Manggung, Pariaman. Letaknya tidak jauh, dari Kota Padang lebih kurang sejam perjalanan. Sesampai di Nareh, cari kantor DPRD Pariaman dan masuk ke dalam persis di sebelah kantor ini. Hanya beberapa ratus meter kamu sudah sampai di lokasi.

Hutan mangrove ini (mungkin terlalu lebay kalau disebut hutan karena luasnya hanya beberapa ratus meter persegi) sebelumnya adalah tanaman mangrove biasa. Entah kenapa setelah lebaran tahun 2016 kemaren tiba-tiba pohon-pohon mangrove di sana seperti mati. Aku sebenarnya masih bertanya-tanya apakah benar mati atau sekedar rontok saja daun-daunnya. Melihat dari dekat memang seperti sudah mati, tapi masih berdiri kokoh. Akar-akar pohonnya masih mencengkeram ke dalam air.

Matinya pohon mangrove ini tiba-tiba juga membawa rezeki kepada masyarakat di sana. Setiap hari banyak orang yang datang ke sana. Mereka bukannya mencari tahu kenapa mangrove itu mati, tetapi hanya berfoto-foto di lokasi ini. Memang berfoto dengan latar belakang pohon-pohon mangrove yang sudah meranggas ini bagus sekali. Yang belum pernah ke sini pasti membayangkan tempat ini sangat luas dan wow. Tetapi sebenarnya tidak begitu luas, hanya saja kamu bisa naik sampan dengan membayar Rp. 10.000,- per orang. Berkeliling “hutan” ini juga tidak sampai 15 menit, tetapi jika berfoto-foto ya pasti bisa sampai 1 jam.

Pasangan yang akan menikah juga sudah banyak yang membuat foto pra nikah mereka di sini. Sewaktu aku ke sana, cuaca tidak begitu bagus pada saat ini, juga ada pasangan yang sedang berfoto pra nikah. Jadi jika kamu penasaran dan sebelum mangrove di sana benar-benar mati luangkan waktumu ke sana. Oh ya, buat masyarakat di Pantai Manggung ini, tolong jaga dong kebersihan lingkungan. Jangan biarkan sampah bertebaran di mana-mana. Kalau saja kebersihan dijaga, pantai di depan juga bagus koq untuk bersantai.