Pusing Gak Bisa Update Status Ketika Berwisata Ke Luar Negeri? Ini Caranya

Buat yang sering jalan-jalan ke luar negeri tentunya akan lebih keren jika bisa selalu mengupdate status, membagikan pengalaman secara real time ataupun berkomunikasi dengan keluarga atau sahabat di tanah air. Mengupdate status media sosial ataupun membagikan foto-foto cantik bukan berarti menyombongkan diri karena bisa jalan-jalan ke luar negeri. Walaupun kadang-kadang rasa pengen pamer itu juga ada, tetapi mungkin lebih banyak manfaatnya agar keluarga atau sahabat di tanah air bisa tahu pengalamanmu. Saat ini biaya jalan-jalan ke luar negeri, terutama ke negara-negara tetangga bahkan bisa lebih murah dari pada biaya jalan-jalan di dalam negeri. Jalan-jalan ke luar negeri sebenarnya sama saja dengan di dalam negeri, hanya sedikit berbeda suasana.

Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara murah untuk tetap bisa mengunakan smartphonenya jika berada di luar negeri. Bahkan buat yang sudah bolak balik sekalipun masih banyak yang hanya mengandalkan free wifi di hotel tempat menginap untuk mengupdate status media sosial dan berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat di dalam negeri. Jika kamu tetap menggunakan cara itu dijamin akan frustasi karena hampir semua jaringan free wifi akan padat seketika, apalagi jika perginya bersama group. Semua akan menggunakan jaringan yang sama di saat bersamaan. Ada yang masih berpikir bahwa menggunakan smartphone di luar negeri akan menggerogoti isi dompet (ini ada benarnya juga jika salah memilih operator).

Pilihan terbaik saat ini adalah mengaktifkan paket roaming dari penyedia layanan selulermu. Hampir semua penyedia layanan menyediakan berbagai paket roaming dengan harga bervariasi. Ada yang membatasi kuota data ada yang tidak dengan berbagai pilihan jangka waktu aktif mulai dari 1, 3, 7 dan 30 hari. Di antara beberapa operator besar yang ada di Indonesia, saya menyarankan untuk memakai XL Axiata untuk paket roaming. Oh ya, roaming maksudnya adalah penggunaan jaringan di luar wilayah operator penyedia layanan telekomunikasi. Pilihan kedua adalah Indosat Ooredoo yang untuk jenis paket sama hanya lebih mahal sedikit. Saya tidak menganjurkan Telkomsel karena harga paketnya yang selangit dan dibatasi pula kuota pemakaian datanya.

Bagaimana dengan jaringan di luar negeri? Hampir semua negara sekarang sudah menggunakan jaringan 4G yang super cepat. Bahkan di Hainan, salah satu propinsi China yang saya kunjungi beberapa waktu yang lalu, boleh dikata hampir tidak ada blank spot. Di semua tempat jaringan super cepat 4G sudah merata. Dijamin kamu tidak akan frustrasi. Bagaimana dengan layanan suara? Ah, itu juga gampang. Hampir semua layanan messaging seperti WA, BBM, Line dll sudah menyediakan fitur suara bahkan video. Kamu bisa menggunakan fitur suara atau video tersebut selama jaringan layanan data tersedia.

Jadi jangan lupa untuk mengaktifkan fitur roamingmu jika hendak jalan-jalan ke luar negeri. Tidak perlu paket yang menyertakan layanan roaming suara dan SMS, cukup layanan data saja. Setiap saat kamu akan bisa mengupdate status media sosialmu untuk membagikan pengalaman ataupun foto-foto dan video secara real time di manapun kamu berada. Tidak perlu lagi hanya mengandalkan free wifi hotel yang lebih banyak lelet koneksinya. Cara mengaktifkannya bisa kamu lihat di website masing-masing operator atau bertanya kepada layanan pelanggan operator selularmu.