Pesona Masjid Tiban Turen, Masjid Ajaib di Malang yang Konon Dibangun Jin Dalam Semalam

Halo sobat travelers, libur lebaran sudah traveling kemana saja nih? Kalau masih belum menemukan spot menarik buat dikunjungi, kalian bisa mencoba salah satu destinasi satu ini. Masih dalam suasana hari yang fitri, pastinya destinasi ini sangat cocok buat kalian untuk belajar dan menyegarkan pikiran.

Jika kalian berkunjung ke wilayah Malang, maka jangan heran bila kalian mendengar cerita adanya masjid megah yang dibangun dalam semalam. Masyarakat mengenalnya dengan sebutan Masjid Ajaib atau Masjid Tiban.

masjid tiban malang atau masjid ajaib (dok pribadi)

Disebut Masjid tiban karena konon katanya masjid megah setinggi sepuluh lantai yang berada di tengah perkampungan, dengan jalan yang sempit, dan dengan kemegahannya bak istana ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar. Menurut mitos yang beredar didaerah tersebut bangunan masjid ini dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam saja. Karena warga sekitar juga tidak melihat adanya aktivitas alat berat dimana lazimnya digunakan saat membangun bangunan yang besar.

Karena itu, masyarakat sekitar kemudian menyebut sebagai Masjid Tiban, artinya masjid yang muncul secara ajaib, tiba-tiba dan bernuansa kegaiban. Bahkan diyakini dibangun dalam waktu satu malam.

menara tinggi di gerbang masjid tiban (dok pribadi)

Namun, sebenarnya Masjid Tiban ini adalah bagian dari bangunan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Pada kenyataanya, sebuah mahakarya ini murni dibangun oleh para santri dan jamaah. Sampai sekarang pembangunan pondok ini masih terus berlangsung, karena saat ini pembangunan tersebut belum 100 persen rampung.

Cerita Masjid Tiban dibangun oleh jin dalam semalam tersebut, itu sontak menyebar ke masyarakat luar daerah Malang. Selanjutnya masyarakat yang penasaran berbondong-bondong ke sana untuk menyaksikan masjid tersebut.

masjid ajaib berdiri di tengah kampung (dok pribadi)

Bangunan megah ini tergolong bangunan yang unik dan megah. Masjid Tiban ini menggunakan asitektur dengan menggunakan perpaduan desain dari timur tengah, china dan eropa. Ada 10 lantai yang di setiap dinding masjid bisa kalian lihat ukiran dan kaligrafi Arab. Terlihat juga berbagai bangunan kecil seperti menara yang ada di setiap masjid.

Meski gaya arsitekturnya nyentrik seperti bangunan Timur Tengah, tak ada arsitek yang merancang Mesjid Tiban. Romo Kiai Ahmad mendesain bangunan ini berdasarkan petunjuk lewat Salat Istikharah.

bergaya ala timur tengah, china dan eropa (dok pribadi)

Setiap lantai dari bangunan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Untuk  Lantai 1 sampai 4 di gunakan  tempat kegiatan para santri. Lantai 5,7,8 ada kios-kios yang di kelola oleh para santri, yang menjual berbagai macam makanan ringan dan souvenir, selain itu ada juga barang-barang lain yang dijual berupa tanaman hias, pakaian, sarung, sajadah, jilbab, tasbih. Lantai 6 untuk ruang keluarga. Kalau kalian mencari pemandangan yang bagus dari tempat tinggi, lantai 9 dan 10 adalah tempat yang cocok. Kalian bisa menggunakan anak tangga ataupun lift untuk mencapai lantai atas.

Setiap koridor dan lorong di masjid ini menyuguhkan keindahan arsitektur yang akan memanjakan mata kalian. Ornamen dan kaligrafi yang terpasang semakin menyejukkan hati di dalam suasana hari yang fitri ini.

Di dalam masjid ini juga terdapat sebuah perpustakaan yang berisi buku-buku tentang Islam. tujuan dari Romo Kiai Ahmad yang mendirikan pondok pesantren ini tak lain untuk dikunjungi semua orang baik umat islam maupun non islam.

Bahkan di beberapa lantai ada beberapa satwa, seperti akuarium yang berisi aneka ikan hias, berbagai jenis burung, monyet hingga rusa.

lorong masjid tiban yang dipenuhi akuarium (dok pribadi)

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan jika kalian akan memasuki masjid ini. Pihak pengelola menolak Masjid Tiban disebut sebagai lokasi wisata. Mereka lebih senang dikenal sebagai Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah. Karena itu di beberapa sudut tertulis permintaan kesadaran para pengunjung agar bersikap selayaknya di pesantren, bukan di tempat wisata. Pengunjung diminta mengenakan pakaian sopan, berjilbab bagi yang muslim dan menjaga kebersihan. Selain itu, jangan sampai kesasar di dalam masjidnya ya, karena selain berukuran besar, masjid ini memiliki banyak lorong-lorong hehehe.

Untuk masuk ke dalam masjid megah dengan dominasi warna biru dan putih ini kalian tak perlu merogoh koceh alias gratis. Kalian bisa memberikan sumbangan secara sukarela melalui pengurus yang bertugas ataupun kotak amal yang tersedia.

masjid tiban atau masjid ajaib malang (dok pribadi)

Nah gimana guys? Tertarik mengunjunginya kan? Masjid Ajaib ini berlokasi di jalan Kh.wahid hasyim, Gang Anyar Rt 27 Rw 06 Desa Sanarejo Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalan menuju ke Masjid Ajaib ini mudah diakses kok. So, penuhi hari yang fitri ini dengan wisata yang bermanfaat ya guys…. Selamat Idul Fitri 1439 H.