Pesisir Selatan Itu Bukan Hanya Mandeh Saja, Ini Adalah Negeri Sejuta Pesona

Salah satu kawasan wisata di belahan selatan Sumatera Barat adalah Kabupaten Pesisir Selatan. Beberapa tahun yang lalu, ketika Kawasan Mandeh yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan ini belum dipopulerkan oleh Andrinof Chaniago, boleh dikata hampir luput dari perhatian sebagai daerah tujuan wisata. Semua orang jika berkunjung ke Sumatera Barat hampir pasti mereka hanya menuju belahan utara yang memang merupakan sentra wisata utama Sumatera Barat sejak dahulu.

Sekarang trend wisata Sumatera Barat sedikit berubah, terutama sejak Kawasan Mandeh dipopulerkan. Belahan selatan Sumatera Barat tiba-tiba menjadi primadona baru. Lalu apakah belahan selatan ini hanya Kawasan Mandeh saja? Tidak! Banyak sekali objek wisata yang patut dikunjungi, sehingga jika ingin puas tidak cukup sehari mengunjungi daerah ini. Kawasan Mandeh memang indah dan pantas menjadi ikon baru, terutama wisata lautnya. Selain berkeliling pulau-pulau yang ada di sana, wisatawan juga bisa berolah raga air seperti ski dan snorkling. Bahkan di satu bagian juga ada hutan mangrove yang masih orisinil. Di sini saja sudah habis waktu seharian.

Pemandangan Puncak Mandeh Saat Matahari Terbenam

Di sekitar Kota Painan saja, banyak yang bisa dikunjungi. Ada pantai Carocok yang sekarang semakin asri. Di pantai ini kita bisa puas berkeliling karena bagian-bagian pantai dihubungkan oleh jembatan-jembatan yang lumayan panjang. Kebersihan juga mulai dijaga walau masih sering dijumpai sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung. Kamu boleh menghabiskan beberapa jam di sini, hanya disarankan jangan di tengah hari menyengat.

Pantai Carocok di Painan

Di ketinggian Bukit Langkisau juga bisa menikmati keindahan laut dan Kota Painan. Keindahan matahari terbenam terlihat luar biasa dari Bukit Langkisau ini jika cuaca sedang bagus. Kota Painan sebagai ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan memang hanya kota kecil yang terletak di pinggir laut, tetapi suasananya cukup mengasyikkan. Penginapan dan kuliner juga tidak susah ditemukan. Jika Anda pengen makan siang dengan menu hasil laut, jangan lupa mampir ke sebuah rumah makan sederhana di pantai Salido. Pasti tidak akan menyesal.

Pemandangan Dari Puncak Langkisau

Sekitar 25 kilometer sebelum memasuki Painan, lokasi objek wisata yang tak kalah eksotisnya juga bisa ditemukan. Coba pergi ke jembatan akar yang usianya sudah lebih dari 100 tahun. Jalan menuju ke sini juga bagus dan dapat dilalui oleh bus wisata ukuran menengah. Menurut ceritanya jembatan ini dulunya dibangun oleh seorang ulama dalam rangka memperpendek jarak ke tempat beliau menyiarkan Islam.

Berfoto di Jembatan Akar
Berfoto di Jembatan Akar

Sebelum sampai ke jembatan akar jangan lupa mampir juga ke air terjun Bayang Sani. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkat, namun Anda hanya bisa sampai ke tingkat 4 yang letaknya tidak terlalu berjauhan. Tetapi di tingkat pertama saja sudah luar biasa. Berfoto di bebatuan sekitar air terjun ini tentu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Air Terjun Bayang Sani
Air Terjun Bayang Sani

Masih banyak objek wisata lain, yang akan saya ulas secara detail pada tulisan yang akan datang. Yang pasti Pesisir Selatan luar biasa.