Pantai Padang yang Telat Berbenah Kini Telah Semakin Cantik

Pantai Padang itu sejak dahulu memiliki daya tarik dan menyimpan memori indah buat hampir semua orang Minang. Jika tidak percaya, coba tanya ke mereka yang sudah setengah baya dan pernah ke sana. Pantai Padang ini tiada bosan dikunjungi sepanjang waktu. Di pantai ini, jika cuaca bagus, kamu bisa menikmati keindahan tenggelamnya matahari di sore hari. Di sini juga merupakan lokasi berfoto yang luar biasa bagus.

Bertahun-tahun pantai ini dibiarkan kotor dan seperti tidak terkelola. Sampah dan kotoran manusia berserakan di mana-mana. Jika kamu makan di tempat pedagang berjualan, yang memasang tenda di pinggir pantai, seringkali kamu harus membayar harga yang tiba-tiba tidak masuk akal. Belum lagi tukang parkir yang cenderung seperti preman tukang palak, meminta uang parkir untuk mabuk-mabukan.

Sekarang? Jika sempat ke sana, kamu akan menjumpai suasana yang agak lain. Segalanya terasa sedang diubah menjadi lebih baik dan bagus. Walau masih banyak sisi yang kotor, tetapi terlihat sedang ada pekerjaan yang berlangsung untuk membuatnya menjadi lebih bersih. Semua bangunan permanen, sementara maupun tenda-tenda pedagang tidak lagi menghalangi pemandangan dari jalan di pinggir pantai.

Para pedagang jajanan tidak lagi diperbolehkan menggelar dagangannya di pinggir pantai, tetapi mereka dipindahkan ke sisi sebelah jalan. Sepertinya pemda Kota Padang sudah menyediakan tempat berdagang yang cukup bagus lokasinya. Sayangnya, tempat berdagang yang di atas atapnya kamu bisa duduk-duduk sambil memandang lepas ke pantai masih seperti separoh jadi. Bahkan di beberapa sudut, para pedagang masih berusaha untuk menempatkan kursi-kursi mereka di pembatas jalan. Para pedagang rasanya juga belum terlalu kompak dan terkesan egois, mereka belum sepenuhnya melayani tamu dengan memaksa untuk hanya duduk di tempat tepat di atas kios mereka.

Padang juga terkenal sebagai kota yang cukup panas temperaturnya, termasuk pantainya. Mungkin sudah ada dalam program pembenahan Pantai Padang ini, jika belum alangkah baiknya seandainya ditanam lebih banyak pepohonan antara jalan dan pantai untuk mengurangi sengatan panas pantai pada musim kemarau.

Walau sebelumnya saya agak pesimis dengan walikota Padang yang baru ini, tapi mau tidak mau saya harus mengacungkan kedua jempol untuk usahanya membenahi Pantai Padang yang indah ini. Dalam beberapa bulan terakhir usahanya membenahi, hampir tidak pernah terdengar penolakan atau insiden. Kita tentu berharap agar usaha ini didukung oleh semua pihak agar Pantai Padang menjadi salah satu pantai yang paling berkesan dan paling ramai dikunjungi karena selama ini Pantai Padang adalah salah satu ikon wisata Sumatera Barat.

Saya akan kembali ke Pantai Padang dalam beberap bulan ke depan untuk melihat-lihat dan tentu saja sambil menikmati “The New Pantai Padang”.