Membuat Foto Traveling Itu Gak Perlu Pakai DSLR, Gunakan Saja Smartphonemu!

Traveling akan bekesan jika kamu bisa membawa cinderamata berupa foto-foto ciamik yang adalah rekaman dari momen pengalamanmu. Pasti sedih jika sudah pergi jauh tetapi foto-fotonya tidak ada yang bagus. Jika cinderamata itu adalah berupa makanan atau suvenir dari daerah yang kamu kunjungi dan kamu lupa membelinya mungkin tidak terlalu susah untuk menggantinya. Namun momen yang hanya bisa direkam dalam foto (salah satunya) tidak bisa tergantikan. Untuk menghasilkan foto yang bagus kamu tidak perlu kuatir. Tak perlu memiliki kamera DSLR atau mirrorless yang mahal, gunakan saja smartphonemu.

Banyak yang bertanya kamera apa yang kupakai untuk memotret foto-foto travelingku. Aku memang memiliki kamera Mirrorless kecil, tetapi bukan kamera itu sebenarnya yang membuat foto menjadi bagus. Seringkali aku hanya menggunakan smartphone saja. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar foto-foto travelingmu bagus tanpa peduli jenis kamera apa.

1. Pilih Spot Bagus
Jika kamu pergi ke tempat-tempat yang sudah sering dikunjungi banyak orang, cari spot bagus dengan sudut pandang berbeda. Jangan berfoto di spot yang sama dengan orang-orang kebanyakan. Coba lihat foto di bawah ini. Orang akan bertanya di mana lokasinya, walaupun mungkin di antara mereka sudah pernah ke sana. Menyamarkan sedikit lokasi berfoto akan membuat teman-temanmu penasaran.

2. Tidak Perlu Selalu Menatap Lensa
Jika itu adalah foto dirimu, tidak perlu selalu menatap lensa kamera. Mungkin kamu bisa sambil menoleh ke samping atau malah ke belakang. Usahakan kelihatan full body, jangan hanya tampak kepala saja dan menutupi latar belakang. Tidak penting kamu kelihatan lebih kecil di foto tersebut, yang penting teman-temanmu tahu kalau itu dirimu. Oh ya, jika kamu bercerita soal traveling dan membagikannya di media sosial, bagikan kira-kira 5 buah foto saja. Satu di antaranya kamu ada di foto tersebut dan selebihnya adalah keindahan lokasi atau alam di sekitarnya. Supaya tidak terkesan terlalu narsis. Foto berikut menunjukkan lokasinya, tapi dengan gaya santai tanpa melihat lensa.

3. Pelajari The Rule of Thirds
Foto itu musti memiliki komposisi yang bagus agar terlihat ciamik dan artistik. Prinsip komposisi yang harus kamu ketahui adalah The Rule of Thirds. Ini adalah hal yang paling basic dalam fotografi, yang dengan mengikuti aturan ini dijamin foto sudah 90% tampak bagus. Dalam The Rule of Thirds, objek harus diletakkan di potongan sepertiga bagian dari frame. Bisa di sepertiga kiri, kanan, bawah atau atas. Ini adalah penjelasan sederhana, di lain waktu akan kujelaskan secara detail mengenai ini. Aktifkan saja fitur grid di kamera smartphonemu supaya mudah. Foto berikut adalah contoh penerapannya. Objek utama adalah 2 orang yang aku letakkan di sepertiga bagian kanan, sedangkan objek lain adalah koridor yang saya letakkan di sepertiga bagian kiri diikuti dengan leading lines.

Komposisi foto berikut adalah salah satu penerapan The Rule of Thirds

Kesemua foto di atas diambil menggunakan smartphone. Tidak jelek kan? Jadi percaya diri saja jika hanya berbekal smartphone saat traveling. Yang penting perhatikan 3 tips di atas. Oh ya, ada tips tambahan, hindari menggunakan tongkat selfie terlalu banyak. Karena kamu hanya bisa memotret kepalamu dengan menutup latar belakang yang mungkin lebih keren. Dan gaya berfoto pakai tongkat selfie sudah terlalu ketinggalan jaman!