Mau Mengurus Sendiri Visa Schengen? Tidak Terlalu Sulit Koq, Simak Caranya di Sini

Apakah kamu punya rencana untuk backpacking ke Eropa? Mengurus sendiri Visa Schengen (jenis Visa untuk kunjungan singkat kebeberapa negara anggota Schengen) tanpa bantuan travel agen sangat mungkin dilakukan sendiri, kamu hanya harus melengkapi persyaratan-persyaratannya, namun jangan kuatir prosesnya sangat mudah dan cepat.

Wilayah yang bisa dijangkau oleh Visa Schengen meliputi 26 negara di Eropa, antara lain:  Austria, Belgia, Republic Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Iceland, Italy, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss. Untuk membuat Visa Schengen kita bebas memilih kedutaan untuk apply visa antara 26 negara tersebut, syarat utama yang mutlak jika ingin mengajukan visa ke salah satu negara tersebut adalah negara tempat stay paling lama atau negara tempat tujuan ketibaan dan kembali (atau paling tidak salah satunya, tujuan tiba atau kembalinya saja). Permohonan visa ke kedutaan Belanda adalah yang paling mudah dibandingkan di negara Schengen area lainnya. Pengajuannya di kantor VFS Global yang ada di Jakarta, Surabaya dan Bali.

Pemberkasan
Permohonan Schengen Visa bisa dilakukan paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan dan paling lambat 3 minggu sebelum keberangkatan. Persyaratan dokumen yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Paspor. Minimal masih punya sisa 2 halaman kosong dan masa berlakunya 3 bulan setelah tanggal kepulangan kita dari Eropa. Paspor dibawa dan copy bagian depan yang ada fotonya.
  2. Application form Schengen Visa yang bisa didownload di sini.
  3. Pas poto, 1 lembar, dengan ratio wajah 80%, background putih. Ukuran foto 3,5×4,5cm.
  4. Copy KTP, KK, Akte Kelahiran dan Akte Nikah. Siapkan juga versi terjemahannya dalam bahasa Inggris.
  5. Travel insurance. Dengan coverage minimial €30,000. Bebas di cover oleh asuransi apa, sekarang sudah banyak platform asuransi yang memudahkan kita untuk membeli paket travel insurance secara online.
  6. Booking tiket pesawat PP ke Eropa. Jika masih belum yakin apakah visa bakal langsung disetujui, kita bisa meminta bukti reservasi dari biro travel. Tidak ada kewajiban kita untuk membeli tiket dari biro travel tersebut karena kita hanya meminta booking tiket, bukan tiket yang sudah issued.
  7. Surat keterangan kerja dari HRD yang menyatakan bahwa benar yang bertanda tangan dibawah adalah karyawan kami, dalam bahasa Inggris.
  8. Surat cuti resmi dari kantor yang ditandatangani atasan.
  9. Jika kamu bukan pekerja kantoran, alias pengusaha, freelancer atau professional, lampirkan SIUP atau surat keterangan profesi.
  10. Copy rekening tabungan/koran 3 bulan terakhir.
  11. Slip gaji 3 bulan terkakhir.
  12. Bank references. Bisa diminta di bank tempat kita menabung/payroll, dalam bahasa Inggris, biayanya Rp50.000.
  13. Dokumen yang menyatakan bahwa kita akan kembali ke tanah air. Bisa meliputi copy surat aset, rumah atau tanah.
  14. Bukti booking hotel selama di Eropa. Dapat dilakukan secara online, cari yang free cancelation. Print!
  15. Itinerary detail kegiatan selama di Eropa.
  16. Membayar biaya visa. Sebesar total Rp1.220.000/orang. Meliputi visa fees Rp850.000 (€60), logistic sales Rp350.000.

Setelah semua persyataran di atas lengkap, lalu susun rapi, kemudian kita siap untuk langkah selanjutnya yaitu membuat schedule appointment.

Schedule Appointment
Kita bisa membuat schedule appointment dengan VFS Global. Untuk booked jadwal appoinment, bisa klik di sini. pastikan kita sudah siap dengan semua dokumen, berpakaian rapi, pakai sepatu dan jangan terlambat.

Pengambilan Berkas
Kira-kira 5-7 hari kerja, nanti VFS Global akan menginfokan via telepon, kapan paspor kita bisa diambil. Untuk pengambilan harus dengan yang bersangkutan, jika yang bersangkutan tidak bisa hadir maka bisa di kuasakan dengan membawa surat kuasa bermaterai. Jangan lupa untuk membawa tanda bukti pembayaran dan membawa Fotocopy KTP atau identitas resmi yang menguasakan dan yang dikuasakan.

Sampai di sini proses selesai. Good luck ya, Europe I’m commiiiiing