Lima Tempat Berkemah di Kabupaten Bogor Untuk Menghabiskan Liburan dan Menjalin Keakraban

Kemping atau berkemah di alam terbuka saat ini menjadi sebuah alternatif  wisata terutama bagi yang menyukai kegiatan outdoor. Bercerita dan bercengkrama di dalam tenda menghadirkan keseruan tersendiri. Masak- memasak di alam terbuka, beratapkan langit dan beralaskan bumi, ternyata adalah salah satu cara ampuh menambah keakraban. Suasana alam terbuka, di perkampungan mampu menyegarkan otak dan pikiran yang sudah berjibaku dengan kerumitan hidup.

Kemping  ternyata juga merupakan salah satu wahana edukasi yang memiliki banyak manfaat termasuk untuk anak-anak. Dengan kemping  anak-anak akan mendapatkan pengetahuan baru tentang alam dan fenomenanya baik secara langsung maupun tidak langsung. Kecintaan anak pada alam akan mulai terstimulasi melalui kegiatan ini. Manfaat lain kegiatan ini mulai melatih kemandirian dan keberanian anak, melatih anak bekerja sama, melatih beradaptasi dan melatih mengendalikan emosi.

Disamping manfaatnya yang sudah teruji, kegiatan kemping ini juga dapat dipilih karena biaya yang relatif murah dibandingkan dengan wisata-wisata lainnya. Cukup hanya dengan membayar uang retribusi tempat kemping dan menyewa peralatan perkempingan seperti tenda dan alat masak memasak. Berdasarkan manfaat dan biaya yang murah, sesekali kegiatan ini bisa menjadi agenda wisata keluarga anda.

kemping ceria menambah keakraban antar sesama

Kegiatan ini perlu perencanaan yang matang. Memilih tempat kemping menjadi hal penting. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti keamanan, fasilitas, serta objek-objek wisata lain yang bisa dikunjungi disekitar tempat kemping ini.

Kabupaten  Bogor menawarkan banyak tempat untuk kegiatan ini. Jaraknya yang tidak jauh dari ibu kota membuat daerah ini memang selalu padat pada saat akhir pekan (week end). Masing-masing tempat menyajikan keindahan dan fasilitas yang berbeda. Berikut adalah beberapa informasi bumi perkemahan (camping ground) yang bisa menjadi pilihan berkemping bersama keluarga atau rekan-rekan anda.

1. Suaka Elang Loji
Suaka elang Loji adalah tempat penangkaran elang, berlokasi di Desa Loji, Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Secara  administrasi  kawasan ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Tempat ini telah dijadikan sebagai salah satu wisata edukasi dimana pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan predator besar di udara yaitu elang. Pengunjung bisa menanyakan seluk beluk hewan ini.

Suaka Elang Loji  bisa diakses dari dua tempat yaitu dari arah Sukabumi atau dari arah Bogor.  Dari arah Sukabumi pengunjung bisa menuju desa Ciwaringin dan dari arah Bogor bisa masuk dari arah  Cijeruk Bogor. Untuk yang mengambil arah dari Bogor, sebelum sampai kawasan ini akan melewati Warso farm yaitu salah satu agrowisata yang cukup populer di Bogor. Di Warso Farm ini pengunjung dapat mencicipi berbagai macam jenis durian.

Jembatan di Suaka elang Loji

Penangkaran elang Loji ini udaranya sangat sejuk. Bumi perkemahannya lumayan luas dan berada disekitaran hutan pinus. Dari pos penjagaan terdapat sebuah jembatan gantung untuk menuju lokasi bumi perkemahan ini. Jembatan gantung ini sepertinya adalah icon dari  Suaka Elang Loji ini. Tempat ini merupakan salah satu spot berfoto terbaik di kawasan ini. Namun bagi pengunjung yang melewati jembatan ini atau yang hendak berfoto-foto perlu hati-hati karena jembatan ini terbuat dari kayu, kadang kondisinya sangat licin dan banyak kayu yang sudah terlepas.

Bumi perkemahan di kawasan ini sudah dilengkapi dengan sarana kamar mandi dan toilet baik di areal bumi perkemahan maupun di pos jaga. Kawasan perkemahanya dikelilingi oleh hutan pinus. Sebelum berkemping di sini pengunjung harus mendapatkan izin dari pengelola. Biasaya ada biaya retribusi masuk kawasan dan biaya retribusi untuk kemping. Demi keamanan dan kenyamanan bersama jangan lupa untuk mematuhi semua peraturan yang ada dikawasan ini. Salah satu larangan adalah dilarang membuat api unggung, karena  pohon pinus sangat mudah tersulut api dan berbagai aturan lainnya

Diantara vegetasi pinus suaka elang loji

Hal lain yang bisa dilakukan adalah berleha dan bersantai dengan menggunakan hammock. Mengingat  ini adalah kawasan pohon pinus jadi pengunjung bisa mengikatnya di pohon-pohon tersebut. Menamatkan buku favorit dan mendengarkan musik sambil tiduran di atas hammoc adalah aktivitas yang banyak diminati di sini.Tak jauh dari bumi perkemahan ini terdapat air terjun (curug) Cibadak. Jadi pagi hari setelah bangun tidur bisa sejenak bertracking untuk menuju curug ini. Pengunjung harus menyusuri hutan dan melewati jalan setapak. Jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman. Terdapat curug besar dan ada juga kolam kecil dengan air yang sangat jernih dan dingin.

2. Sukamantri
Sukamantri adalah salah satu bumi perkemahan yang sudah sangat populer di Bogor. Tempat ini telah sejak lama dikelola untuk perkemahan. Maka tak jarang tempat ini digunakan untuk latihan SAR,  diklat kepemimpinan  dll. Bumi perkemahan Sukamantri ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak.  Untuk menuju kawasan ini dari arah Bogor pengunjung bisa melewati BTM  menuju Ciapus. Pengungjung juga bisa membawa kendaraan sendiri sampai ke bumi perkemahan dan telah disediakan tempat untuk parkir kendaraan.

Penyewaan peralatan perkemahan juga tersedia disini mulai dari tenda, flysheet, sleeping bag dan peralatan masak-memasak. Bahkan jika pengunjung tidak mau direpotkan dengan urusan logistik perkemahan, pengunjung bisa menyewa tenda lengkap dengan jasa pemasangan. Sampai di lokasi ini bisa langsung berleha-leha di dalam tenda sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. Dan yang  lebih wow lagi, pengunjung di sini juga  bisa memesan makanan selama berkemah. Berkemah ala homestay. Di sini juga terdapat warung-warung menjual mie rebus, kopi dan makanan lainnya.

Fasilitas di bumi perkemahan ini juga sudah cukup memadai. Terdapat beberapa kamar mandi dan toilet dengan air yang sangat jernih dan sangat dingin. Fresh dan segar karena airnya berasal dari mata air pegunungan.

Dari bumi perkemahan ini pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Citylight pada malam hari dan matahari terbit pada pagi hari adalah pemandangan yang sangat diburu.  Pengunjung juga bisa menikmati segarnya udara disini dengan bertrekking ke curug Surya Kencana yang jaraknya tidak terlalu jauh. Bagi pengunjung yang tidak ingin menghabiskan energi untuk bertracking, bisa menikmati hari dengan berleha-leha di atas hammock sambil menikmati musik atau membaca buku-buku kesukaan.

Tracking salah satu aktifitas saat berkemah.. mengenal alam lebih dekat

3. Curug Nangka
Curug Nangka adalah salah satu tempat wisata  alam di Bogor yang masih masuk dalam Taman Nasional Halimun Salak. Tempat ini bisa diakses dari arah kota bogor ke arah Ciapus atau bisa juga dari Ciomas Bogor. Bumi perkemahan di curug Nangka ini memang kalah populer dibandingkan dengan bumi perkemahan Sukamantri. Namun bumi perkemahan di kawasan ini sangat pas bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun dan bercengkrama dengan suasana yang masih alami.

Sebelum sampai ke curug Nangka, setelah pos tiket terdapat hutan pinus yang menyegarkan mata. Di sekitaran ini banyak warung makanan dan souvenir. Menikmati segelas kopi atau teh hangat di pegunungan itu selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Untuk mencapai  Curug utama diperlukan usaha untuk menanjak. Namun jangan khawatir dalam perjalanan menuju curug utama terdapat anak curug yang juga ciamik. Berjalan melompati batuan-batuan diantara gemircik air yang sangat sejuk dapat dilakukan di curug kecil-kecil ini.

Salah satu spot berkemah di Curug nangka

Jangan lupa untuk mengurus izin di depan pintu masuk curug ini jika ingin berkemping dan berkemah di sini. Tempat wisata curug nangka ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya tempat parkir, kamar mandi dan toilet, warung makan, pondok kerja, ruang informasi, mushola dll. Petugas akan mengarahkan pengunjung tempat  yang bisa digunakan untuk berkemah.

4. Gunung Pancar
Taman wisata Gunung Pancar adalah tempat wisata yang banyak dituju masyarakat ibu kota karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Gunung Pancar berlokasi di Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor. Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari wahana wisata water park JungleLand Sentul.

Banyak hal yang bisa dilakukan di taman wisata ini diantaranya tracking, hiking, kemping, bersepeda, berkuda  dan mandi air panas. Tempat ini memang selalu ramai dengan pengunjung karena banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Suasana alam di lokasi ini masih sangat alami. Suasana yang tak lagi dijumpai di kota-kota besar. Untuk dapat menikmati semua aktivitas di tempat ini, berkemping adalah piliha terbaik. Karena ketersediaan waktu yang lebih panjang, pengunjung lebih leluasa menikmati berbagai atifitas wisata.

Vegetasi pinus

Bumi Perkemahan di taman wisata ini sudah dikelola dengan sangat baik.  Bumi perkemahannya juga berada dilingkungan hutan pinus. Fasilitas dan bangunan pendukung sudah dibangun dengan permanen. Namun tiket untuk dapat berkemping di sini memang lebih mahal dibandingkan dengan bumi perkemahan lainnya. Terdapat berbagai paket bumi perkemahan yang bisa dipilih.

5. Gunung Bundar
Gunung Bundar  adalah salah satu tempat wisata alam yang juga sangat populer di Kabupaten Bogor.  Taman wisata ini masih masuk  dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Taman wisata ini berlokasi di Cibatok, Kabupaten Bogor. Dari arah kota Bogor pengunjung menuju Dramaga dan melanjutkan ke arah Lewiliang. Sarana dan prasarana jalan sudah sangat memadai sehingga pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi sampai ke lokasi.

Kawasan Wisata Gunung BundaR, beberapa air terjun yang terlihat dari kejauhan

Taman wisata Gunung Bundar sangat terkenal dengan air terjunnya (curug). Tercatat ada 4 curug yang dapat ditemui di kawasan ini yaitu curug Seribu, curug Cigamea, curug Ngumpet dan curug Cihurang. Dikawasan ini pengunjung juga bisa menikmati wisata dKawah Ratu. Ini adalah kawah yang menghasilkan asap dan uap panas. Hal lain yang bisa dinikmati di sini tentu suasana alam hijaunya yang masih sangat alami. Pemandangan  sebelum taman wisata ini juga memanjakan mata para penjungung. Udaranya segar dan sejuk. Pohon pinus dan rasamala adalah vegetasi utama kawasan ini

Berkemah bisa menjadi pilihan untuk bisa menikmati semua keindahan taman wisata ini. Banyak spot yang bisa digunakan untuk berkemah. Pada saat registrasi di pos pintu masuk, petugas biasanya akan menjelaskan tempat mana saja yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Bahkan di kawasan ini juga sudah tersedia penyewaan tenda dan peralatan berkemping lainnya. Sarana dan prasarana pendukung juga sudah dibangun dengan baik seperti kamar mandi dan mushola.

Lima tempat berkemah di Kabupaten Bogor yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan, menikmati suasana alam sambil menjalin kedekatan dengan orang-orang yang dicintai. Happy Holiday !