Liburan Akhir Pekan? Yuk Berwisata ke Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya

Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya hanya sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya.

Menurut sejarah, Gunung Galunggung meletus pertama kali pada tahun 1822 yang memakan banyak korban jiwa lebih dari 4 ribu jiwa. Selanjutnya Gunung Galunggung meletus lagi pada tahun 1894 dan memakan korban jiwa antara 500 hingga 1000 orang. Terakhir meletus pada tahun 1982, Gunung Galunggung mengeluarkan lahar dan abu yang menjangkau sekitar 20 kilometer ke udara sehingga menyebabkan kabut abu setebal 3 cetimeter dengan jarak area 15 kilometer dari pusat semburan.

Pemandangan Gunung Galunggung dari kejauhan

Gunung Galunggung adalah objek wisata andalan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Objek wisata alam di Tasikmalaya ini memiliki 2 spot yang sangat menarik yakni Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang cantik dan pemandian air panas Galunggung.

Menjelang tahun baru, banyak wisatawan lokal hingga mancanegara yang berdatangan untuk berwisata ke gunung galunggung untuk menikmati keindahan alam Gunung Galunggung dan tentunya juga untuk menyaksikan malam pergantian tahun baru di Gunung Galunggung.

Tarif wisata objek wisata Gunung Galunggung sangat terjangkau. Para wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.6.500 per orang. Bila ingin berwisata ke kawah Gunung Galunggung akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 2000 per orang dan biaya parkir.

Keindahan Objek Wisata Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung

Bila hendak menuju kawah galunggung, hal utama yang harus diperhatikan sebelum menaiki puncak Gunung Galunggung yaitu pastikan kendaraan Anda (motor atau mobil) full bensin dan rem kendaraan bagus serta tidak mogok, karena kendaraan akan melintasi jalur menuju kawah dengan kemiringan jalan yang sangat curam untuk menempuh perjalanan menuju kawah, kecuali bagi Anda yang ingin berjalan kaki.

Selama perjalanan menuju kawah Gunung galunggung, Anda akan disuguhi dengan keindahan barisan pohon cemara dengan sekumpulan monyet yang bergelantungan di atas pohon dan beberapa ekor monyet tampak melintas di sepanjang jalan menuju lokasi rest area kawah.

Bagian tebing kawah Gunung Galunggung sebagai jalan setapak bagi para wisatawan

Setelah sampai di area parkir kawah, parkirkan kendaraan Anda di tempat yang telah ditentukan oleh petugas pengelola. Sebelum menaiki tangga menuju kawah, persiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk dikonsumsi selama perjalanan mendaki puncak Gunung Galunggung dan tentunya jangan lupa kamera untuk mengambil foto dari atas kawah.

Setelah semua perlengkapan siap, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki tangga yang bejumlah 620 anak tangga untuk mencapai kawah Gunung Galunggung.

Sebanyak 620 anak tangga mengantarkan para pengunjung menuju ke puncak kawah Gunung Galunggung

Selama menaiki anak tangga menuju kawah Gunung Galunggung, disini nyali Anda tertantang untuk menaklukan anak tangga, meskipun akhirnya harus istirahat di tengah jalan karena energi banyak yang terkuras hanya karena menaiki tangga.

Setelah sampai di atas kawah, tentunya rasa lelah menghampiri. Tenang, di sepanjang bibir kawah Gunung Galunggung terdapat banyak kios pedagang sebagai tempat beristirahat para wisatawan yang baru sampai di atas kawah setelah berhasil menaklukan anak tangga yang banyak.

Kios pedagang makanan dan minuman yang berada di atas kawah Gunung Galunggung

Rasa penat pun seakan hilang dalam sekejap setelah melihat langsung keindahan kawah Gunung Galunggung dengan air danaunya yang berwarna hijau. Jika Anda ingin menuju danau yang berada di bawah kawah Gunung Galunggung, Anda tinggal menuruni anak tangga sebelah selatan untuk menuju ke bawah kawah.

Uniknya, danau di kawah Gunung Galunggung ini terdapat ikan yang bisa Anda pancing. Jadi, buat Anda yang hobi memancing, jangan lupa membawa alat pancing bila hendak menuju danau di kawah Gunung Galunggung. Adapun larangan saat berada di kawah yaitu dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang mendekati pagar pembatas kawah, dan dilarang berenang di air kawah karena adanya legenda yang kuat serta bahaya yang bisa datang kapan saja.

Lokasi spot selfie di atas kawah Gunung Galunggung

Selain wisata kawah, terdapat juga lokasi yang cocok buat Anda yang suka selfie. Lokasi spot selfie masih satu tempat dengan kawah yang berada di sebelah barat kawah. Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama atau menginap di kawah, bisa mendirikan tenda di sekitar kawah untuk bermalam.

Berenang dan Berendam di Sumber Mata Air Cipanas Galunggung

Objek wisata Cipanas Galunggung

Selain objek wisata kawah, ada juga objek wisata lainnya di Gunung Galunggung yaitu objek wisata Cipanas Galunggung. Untuk masuk ke objek wisata cipanas galunggung, cukup membayar Rp. 5.000,- per orang. Anda bisa langsung menikmati panasnya sumber mata air dari Gunung Galunggung dengan berenang atau berendam di kolam bahkan di aliran sungainya langsung.

Di lokasi Cipanas Galunggung juga terdapat lokasi spot selfie dan taman bermain anak-anak yang tentunya ramah lingkungan. Anda juga dapat memesan kamar bak rendam air panas sendiri untuk merasakan atmosfer kolam rendam layaknya spa di air panas.

Kolam renang air panas Cipanas Galunggung

Mata air yang bersuhu panas dan mengandung unsur belerang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya digunakan untuk terapi penyakit tertentu.

Di ujung sumber aliran sungai terdapat curug atau air terjun yang sangat indah. Perjalanan menuju curug hanya bisa dilalui dengan jalan kaki karena jalurnya melewati sungai dan hutan. Jika ingin masuk ke kawasan curug tersebut, Anda harus membayar lagi Rp. 10.000,- per orang.

Jajaran kios penjual oleh-oleh dan assesoris di objek wisata Cipanas Gunung Galunggung

Di lokasi Cipanas Galunggung juga terdapat pasar tumpah yang menjual hewan, sayuran, kemudian ada rumah makan, kios penjual assesoris, dan toko oleh-oleh yang menawarkan produk buatan asli masyarakat Tasikmalaya.

Perjalanan Menuju Objek Wisata Gunung Galunggung

Terdapat 3 alternatif akses menuju objek wisata Gunung Galunggung. Alternatif pertama dari arah Kota Tasikmalaya yaitu dari Indihiang menuju ke sukaratu kemudian lurus mangikuti jalur wisata. Alternatif kedua dari perempatan pesantren Cipasung belok ke kanan, lurus dan ada perempatan JB belok kiri (recomended). Alternatif ketiga dari perempatan pagendingan, Cisayong belok kanan, lalu lurus sampai bertemu pertigaan JB, belok kiri dan lurus lagi hingga menuju perempatan JB, belok kanan.

Atau Anda juga dapat mengakses lokasi dengan menggunakan angkot berwarna hijau jurusan sukaratu atau ojek yang berada di terminal indihiang, Kota Tasikmalaya untuk diantar sampai ke gerbang pintu masuk wisata Gunung Galunggung.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya. Semoga dapat menjadi alternatif liburan akhir pekan Anda bersama keluarga tercinta dan juga sahabat-sahabat dekat. Selamat Berakhir Pekan!