Lakukan 6 Langkah Jitu Ini Untuk Membuat Impian Jalan-Jalanmu Jadi Kenyataan

Kamu punya impian pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang indah di seluruh dunia? Ke Hongkong, Jepang, Dubai , Tiongkok, Prancis, Spanyol, Inggris Raya, Rusia, Norway, New Zealand, Kanada, Amerika Utara, Mesir, Yunani? Bahkan bersafari ke Afrika Selatan atau menyusuri “jalur sutra” dari pedalaman Mongolia terus ke Kyrgystan, Uzbekistan sampai Istanbul ? Bagus dan jangan ragu-ragu. Jangan khawatir tidak tercapai. Teruslah pupuk impianmu itu. Suatu saat pasti tercapai. Tidak ada hal yang mustahil, jika kamu memang punya impian kuat buat keliling dunia.

Bagaimana caranya? Bukankah untuk pergi berkelana ke berbagai belahan dunia itu butuh uang? Ya, betul. Tapi mulailah dengan impian lebih dulu. Karena impian bukan sekadar keinginan. Impian adalah menanamkan keinginan yang benar-benar kuat pada alam bawah sadar. Sehingga fokus pikiran dan alam bawah sadar terus menerus bekerja ke arah itu. Dan, mekanisme alam semesta pun akan ikut bekerja mendukung impian-impianmu. Percayalah, nanti ada saja jalannya. Karena itu, jangan kaget, jika impian itu suatu saat pasti jadi kenyataan.

Berikut tips menyusun impian-impian destinasimu itu:

1. Buat daftar impian destinasimu dan tulis juga kapan kamu ingin mewujudkannya.
Boleh di sebuah buku. Atau di laptop dan HP-mu. Tidak usah pilih-pilih atau timbang-timbang: ah ini tak mungkin, ini muluk-muluk dsb. Jangan. Tulis saja semuanya. Toh, menulisnya gratis. Kalau pun tidak tercapai, kamu tidak dihukum, bukan?

2. Buat visualisasi destinasinya.
Kamu cari foto atau poster tentang tempat yang indah ke mana kamu ingin pergi. Misalnya kami ingin ke Kanada melihat air terjun Niagara. Pasang foto-foto Niagara. Saat ini gampang sekali menemukannya di internet atau instagram. Kamu tempel foto-foto itu di kamarmu, di meja belajar atau meja kerjamu. Atau buat profil layar HP-mu foto destinasi impian ini. Pokoknya di tempat dan media yang setiap saat bisa kamu lihat. Tujuannya memang agar terus menerus dapat dilihat.

3. Beli buku-buku yang membahas tentang destinasi impianmu.
Saat ini buku-buku travelling banyak tersedia di toko buku. Kamu baca panduan perjalanannya. Buku ini tidak hanya memberikan informasi tentang seluk beluk obyek yang akan kamu kunjungi, tapi sekaligus visualisasi impian-impian yang disebut pada poin 1-2 di atas. Sisihkan juga uang jajanmu membeli majalah khusus travelling. Ini juga dalam rangka memupuk impianmu.

4. Kunjungi pameran tour&travel.
Event pameran travel ini banyak sekali, mulai yang reguler seperti Garuda Travel Fair sampai pameran-pameran di berbagai mall di berbagai kota yang diadakan oleh perusahaan tour&travel. Ambil brosur dan program perjalanannya. Jangan ragu-ragu bertanya dan diskusi dengan konsultan travelnya. Ya, meskipun kamu belum siap untuk pergi pada tanggal-tanggal yang ditawarkan, tapi berlagaklah dengan sangat percaya diri bahwa kamu benar-benar mau berangkat. Ini juga bagian dari afirmasi impianmu itu.

5. Pergi ke money changer dan beli mata uang negara yang mau jadi destinasimu.
Misalnya destinasi impianmu ke Jepang. Beli saja valuta Yen. Jumlahnya tak perlu banyak, tapi sesuaikan dengan bujet tabunganmu. Ya, meskipun belum tentu kapan berangkat, tapi tetap beli saja. Mengapa? Pertama, hitung-hitung kamu mulai menabung. Kedua, mata uang Rupiah cenderung melemah terhadap valuta asing. Kamu bisa cek sendiri di situs XE Currency dari HP-mu. Kalaupun suatu saat valuta itu perlu dijual atau ditukar lagi dengan Rupiah, kamu tetap untung sebab nilai tukar mata uang rupiah yang cenderung melemah. Ketiga, dengan punya duit berupa mata uang negara tersebut, lagi-lagi ini merupakan afirmasi impian-impianmu. Seolah-olah kamu benar-benar mau berangkat.

6. Usahakan simak juga acara talkshow soal travelling di TV dan radio.
Misalnya di Pass FM Radio Bisnis Jakarta, tiap Selasa pukul 10.00-11.00 rutin ada acara tersebut. Kamu bisa simak dari HP-mu siaran ini. Banyak info dan tips-tips travelling yang dibahas di acara tersebut. Amat menarik.

Selamat menyusun daftar dan memvisualisasikan impian destinasi-destinasi favoritmu.