Kurang Berkesan Rasanya Jika Kamu Belum Datang ke Pulau Cinta Gorontalo yang Penuh Legenda

Indonesia memang kaya dengan keindahan alamnya. Tidak hanya di Bali ataupun Lombok, Provinsi Gorontalo pun memiliki pantai yang cantik, eksotis dan romantis salah satunya yakni Pulau Cinta Gorontalo. Seperti namanya yaitu Pulau Cinta, pulau ini berbentuk seperti hati. Bentuknya yang seperti hati menambah romantisme jika kamu berwisata ke Pulau cinta yang terletak di Provinsi Gorontalo, tepatnya di Pulau Sulawesi. Selain terkenal dengan susananya, dan oleh pantai yang tenang, begitu juga dengan keragaman biota lautnya.

-
Cottage Pulau Cinta.

Pulau ini terletak di Provinsi Gorontalo, tepatnya di Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Propinsi Gorontalo. Menurut legenda, konon pulau ini bisa berbentuk hati karena menjadi lokasi pertemuan rahasia antara pangeran Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda, entah benar tidaknya legenda itu, destinasi ini sangat dipenuhi oleh nuansa romantis yang begitu melekat di pulau ini.

Destinasi ini memang menjadi langganan bagi para pasangan yang sedang diserang bunga-bunga asmara. Buat Kamu yang tidak mempunyai gandengan tidak usah khawatir, tetap bisa berkunjung kesini entah bersama keluarga atau teman-teman kamu. Semua usia baik kalangan muda-tua, ataupun jomblo, baik warga lokal ataupun mancanegara.

Wisatawan yang mencari kedamaian dalam liburannya. Destinasi ini merupakan saran terbaik untuk mendapatkan kedamaian saat liburan. Terdapat tiga jenis cottage yang semuanya sama-sama terbuat dari kayu yang beratapkan sirap dan jerami. Varian cottage, diantaranya: cottage jenis pertama dengan luas 92m2 terdiri dari 1 kamar tidur, cottage jenis kedua dengan luas 156m2 terdiri dari 2 kamar, dan cottage jenis selanjutnya dengan laus 212m2 terdiri dari 3 kamar. Masing-masing cottage sudah dilengkapi dengan teras, ruang keluarga dan kolam renang pribadi.

-
Cottage yang terdapat di Pulau Cinta.

Harga sewanya sekitar Rp 3.500.000 sampai Rp 5.000.000/hari sudah termasuk biaya transportasi dan makan 3 kali sehari. Buat kamu yang ingin berbulan madu, pulau Cinta ini recommended banget. Bagaimana tidak, tempatnya memang sangat romantis dan sepertinya pulau ini memang sudah di desain khusus buat para pasangan yang ingin memadu kasih. Nah, kamu yang penasaran tidak usah ragu untuk memilih tempat ini untuk liburan, jalan-jalan dan buat yang mau berbulan madu.

Apa saja yang bisa dinikmati di Pulau Cinta?
banyak hal yang bisa di nikmati di Pulau Cinta di antaranya adalah;

  1. Hopping Island
    Keseruan hopping island di pulau cinta tak boleh dilewatkan. Kamu dapat menikmati pulau-pulau kecil di Teluk Tomini dengan menaiki perahu. Dengan hanya sekitar 1 jam saja, kamu dapat mengelilingi semua pulau-pulau tersebut, di antaranya; Gulf of Tomini, Pulau Bajo, Pulau Lito Mohupombo Kiki dan masih banyak lagi.
  2. Snorkeling dan Diving
    Sebenarnya hampir semua kegiatan wisata pulau menyertakan Snorkeling & Diving didalamnya. Namun di Pulau Cinta Gorontalo berbeda. Selain keindahan bawah laut, air di Teluk Tomini juga memiliki tingkat kejernihan yang tinggi. Kamu tidak perlu menyelam terlalu dalam, cukup 2-3 meter menyelam saja kamu sudah bisa melihat keindahan berbagai macam terumbu dan biota laut.
  3. Menikmati Hutan Pesesir Boalemo
    Di area daratan yang berada di seberang Pulo Cinta merupakan area hutan pesisir milik Kabupaten Boalemo. Di sana kamu bisa hiking, treking dan jelajah hutan. Selain susananya yang adem, pastinya kamu akan disambut oleh keramahan penduduk setempat
-
Cottage tampak dari dalam.

Biaya ke Pulau Cinta Gorontalo

Untuk transportasi tentunya tergantung dari mana kota asalmu. Perahu disewakan seharga Rp 100. 000 untuk mengelilingi hutan bakau seluas 30 hektar, cukup murah untuk sebuah keseruan yang belum tentu kamu dapatkan dari tempat lain. bagi kalian yang tertarik berikut rincian tarif rata-rata penginapan.

  • One Bedroom Villa (Untuk 2 orang)
    Rp. 3,5 juta / malam (weekdays)
    Rp. 4,5 juta / malam (weekend)
    Rp. 5 juta (holiday season)
  • Two Bedroom Villa (Untuk 4 orang)
    Rp. 7 juta/ malam (weekdays)
    Rp. 9 juta / malam (weekend)
    Rp. 10 juta / malam (holiday season)
  • Three Bedroom Villa (Untuk 6 orang / Family)
    Rp. 10,5 juta / malam (weekdays)
    Rp. 13,5 juta / malam (weekend)
    Rp. 15 juta / malam (holiday season)

Harga sudah include:
Jemputan dari dan menuju Bandara Jalaluddin–Gorontalo, Penyebrangan menuju Pulau Cinta, 3 Kali makan /hari, Makanan dan minuman ringan, Wifi, Perlengkapan snorkeling, dan beberapa kebutuhan selama di pulau

Note: Cottage tidak memiliki AC namun sepertinya memang di design demikian karena ventilasinya sangat baik, meskipun cuaca disiang hari panas tetap nyaman ditempati.