Kenapa Ninh Binh Harus Jadi Destinasi Wajibmu Ketika Traveling ke Vietnam Bagian Utara

Sebelum film Kong: Skull Island direlease, Ninh Binh belum seterkenal sekarang. Sewaktu menonton film itu aku menyangka film itu dibuat di Halong Bay, Vietnam. Memang sebagian kecil ada shootingnya dilakukan di Halong Bay, yaitu latar areal dan kejar-kejaran dengan helikopter. Namun sebagian besar lagi ternyata shooting dilakukan di Ninh Binh. Daerah Ninh Binh ini memiliki banyak persamaan dengan Halong Bay, sehingga sering dijuliki Halong versi daratan. Letaknya kira-kira 90 km di selatan Hanoi, butuh waktu 2 jam menuju ke sana.

Kota Ninh Binh ini kecil, tapi jalan-jalan di seputar kota lebar-lebar. Di sekitar kota ini, dalam jarak yang tidak terlalu jauh bertebaran destinasi-destinasi spektakuler yang gak akan membuatmu menyesal sudah mampir ke sana. Mulai dari daerah persawahan, bangunan bersejarah hingga situs-situs dengan goa. Goa-goa yang ada di situs-situs itu bisa kamu lalui dan rasakan sensasinya. Mungkin sambil membayangkan suasana seperti di film Kong: Skull Island.

Cara Menuju ke Ninh Binh
Jika kamu solo traveler, ambil bus limusin yang lumayan mewah dengan harga tiket 175.000 Dong dari Hanoi. Bus ini isinya cuma 10 orang berikut sopir. Dengan bus reguler juga bisa, tentunya harga tiketnya lebih murah. Jika pengen menginap, banyak pilihan hotel murah sampai yang berbintang di Ninh Binh. Kalo kamu gak ingin nginap bus terakhir dari Ninh Binh ke Hanoi sekitar jam 7 malam. Untuk muter-muter Ninh Binh, jika kamu punya SIM Internasional sewa aja sepeda motor, tapi harap diingat ya di sana mereka menggunakan jalur di kanan. Tapi kalau duitmu cukup lumayan, tinggal sewa aja taksi.

Tam Coc/Trang An/Van Long
Ada 3 tempat yang hampir mirip dengan lokasi shooting film Skull Island itu, kamu bisa pilih salah satu. Tam Coc, Trang An dan Van Long yang semuanya paling bagus dikunjungi di pagi hari atau sore hari agar tidak terlalu panas dan cahaya untuk foto-foto travelingmu bagus. Di ketiga tempat itu kamu bisa naik sampan mengelilingi situs dan memasuki goa-goa. Tam Coc lebih mainstream dan seringkali penuh dengan turis. Van Long lebih natural sementara Trang An berada di tengah-tengah dan goa2nya lebih keren. Di perjalanan kamu juga bisa ketemu bunga-bunga lotus, syukur pas kamu ke sana bunganya sedang bermekaran. Naik sampan yang dikayuh itu lamanya kira2 2-3 jam tergantung lokasi.

Di sore hari, jika staminamu kuat, jangan lewatkan hiking ke Mua Cave. Menuju puncaknya memang membutuhkan perjuangan karena harus menaiki 500 anak tangga. Tetapi ketika sampai di atas semua perjuangan itu pasti terbayar lunas. Jika sawah-sawah di Tam Coc lagi menguning pemandangannya luar biasa indah. Jangan lupa menyiapkan fisik dan membawa air mineral serta gak perlu membawa yang berat-berat. Lokasi ini adalah salah satu lokasi pilihan untuk foto prewedding di sana.

Bai Dinh Pagoda
Ini adalah komplek pagoda ummat Budha terbesar dan terluas di Asia. Pagoda utamanya menjulang tinggi di bukit tertinggi, sehingga dari jauhpun sudah langsung kelihatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Trang An. Dari areal parkir menuju komplek kamu harus membeli tiket dan kemdian disediakan kendaraan khusus menuju komplek utama. Komplek pagoda ini amat luas dan mempesona. Sesampai di pintu masuk komplek kamu bisa langsung menuju puncak bukit di mana pagoda utama terletak. jaraknya lebih kurang 1 km dan kamu harus jalan kaki di dalam komplek. Di pintu masuk biasanya ada guide yang menawarkan jasa untuk menjelaskan. Jika menurutmu penting ya sewa aja.

Phat Diem Cathedral
Katedral yang dibangun di akhir th 1800 ini sangat unik. Arsitekturnya merupakan gabungan antara Vietnam dan Perancis. Memang Vietnam adalah bekas jajahan Perancis sehingga banyak pengaruhnya kepada bangunan-bangunan yang ada di Vietnam. Gereja katolik Ramawi ini dibangun dari batu dengan interior kayu. Walaupun kamu bukan beragama katolik, memasuki gereja ini tidak dilarang. Suasananya memang terasa berbeda karena interior kayunya tersebut. Jika sedang ada misa atau jadwal keagamaan lain di sini ramai sekali, tetapi ketika usai hanya sepi yang tersisa.

Selain destinasi utama di atas masih banyak lokasi-lokasi lain yang bisa kamu kunjungi dan nikmati di Ninh Binh. Oleh sebab itu, minimal kamu harus di sana untuk waktu 48 jam. Seharian saja tidak akan cukup. Mau liat foto-foto di Ninh Binh lain? liat aja di akun Instagramku.