Kalau Kepengen Masakan Indonesia di Hanoi Ini Dia Satu-Satunya Restoran yang Ada

Walau udah sering traveling ke mana-mana, kadang kita orang Indonesia selalu rindu sama masakan negeri sendiri. Akupun begitu, setelah terdampar beberapa hari di Hanoi dan hanya makanan masakan Vietnam dan kari India lidah ini tetiba menjadi rindu sama masakan Indonesia. Sebelumnya sih gak kepikiran harus makan masakan Indonesia, tetapi ya apa boleh buat kalau ternyata selera masih tetap Indonesia. Setelah mencoba browsing, akhirnya aku ketemu satu-satunya restoran Indonesia yang ada di Hanoi. Tanpa pikir panjang aku segera meluncur ke sana yang jaraknya tidak begitu jauh dari daerah Old Quarter tempatku mangkal.

Ternyata restoran Batavia ini dikelola oleh orang Indonesia sendiri yang sudah lama menetap di Hanoi. Namanya mbak Lela, kebetulan suaminya bekerja di kedutaan besar Ri di Hanoi. Aku bahkan sempat ketemu sama si pemilik dan ngobrol sebentar. Menurut waitress, tukang masaknya didatangkan khusus dari Indonesia. Lokasi restoran ini sangat bagus, berada di tepi jalan. di belakang restoran ini terdampar pemandangan ke sebuah danau yang menyejukkan mata. Interior restoran yang terdiri dari 2 lantai ini apik dan bersih. Pokoknya cozy menurutku.

Ketika disodori menu, aku seneng banget ternyata memang sangat Indonesia. Ada gado-gado, sayur asem, soto betawi, sop buntut dan lain-lain. Mungkin harganya agak sedikit mahal jika dibandingkan dengan harga makanan sejenis di Jakarta, tetapi aku rasa oke aja. Waktu makan siang aku memesan sop buntut plus nasi putih seharga 160.000 Dong, yang kira-kira 98.000 rupiah. Kebetulan rasa sop buntutnya top banget, jadi gak berasa di Hanoi begitu selesai makan. Esok lusanya aku coba soto betawi dengan harga yang hampir sama dengan sop buntut. Rasanya juga tidak mengecewakan.

Jadi kalo kalian lagi jalan-jalan ke Hanoi dan lidah “memanggil” mampir aja ke restoran Batavia yang alamatnya gampang dicari lewat Google Map. Untuk ke sana ya bisa pakai Grab yang ongkosnya bisa ketauan. Oh ya, ini bukan artikel sponsor lho. Mungkin bermanfaat buat para traveler.