Jelajahi Eksotiknya Coban Putri Pemandian Sang Permaisuri

Sudah penat beraktivitas, ya? Yuk, kita jalan-jalan lagi. Wana wisata Coban Putri yang kece di Kota Wisata Batu, Jawa Timur bisa jadi pilihan. Udara yang sejuk dan segar selalu bisa dirasakan karena rimbunnya hutan pinus membuat kita terlindung dari sengatan matahari. Lokasi yang kita tuju melalui Jalur Lingkar Barat atau Jalibar, tepatnya di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Di kawasan ini ada beberapa spot wisata yang cukup terkenal seperti Coban Rais dan Bukit Bulu.

Wana Wisata Coban Putri ini terhitung masih baru karena dibuka untuk umum pada April 2017 lalu. Memang belum setenar Coban Talun atau Coban Rais, tapi Coban Putri tak kalah eksotiknya dengan kedua air terjun tujuan wisata di Batu. Sejarah singkat nama Coban Putri ini diambil dari cerita yang berkembang di masyarakat. Menurut warga sekitar, asal nama Coban Putri karena pada zaman Kerajaan Singosari. Konon, air terjun ini sering dikunjungi Putri Ken Dedes (Permaisuri Ken Arok, Raja Singosari) sebagai tempat permandian favoritnya .

Akses jalan menuju Coban Putri ini bisa dijumpai dengan mudah karena lokasinya searah dengan Coban Rais. Kita dapat mengikuti petunjuk arah untuk menuju Coban Rais yang lebih populer sebab lokasinya yang cukup dekat. Harga tiket masuk wana wisata ini sangat murah yaitu Rp 8 ribu saja. Jangan khawatir, untuk menuju lokasi air terjun cukup dekat.  Tak perlu bersusah payah trekking untuk mencapainya.

Salah satu wahana yang menarik dan instagramable banget yaitu spot gardu pandang berbentuk tangan raksasa yang serupa dengan hutan pinus Pengger di Jogja. Wisatawan bisa berfoto di atas dari spot tangan raksasa yang dibuat dari bahan kayu serta akar-akaran. Background perbukitan hijau sedap sekali dipandang. Memanjakan mata dengan lukisan alam yang indah.

Spot Foto Giant Hand dengan background perbukitan yang menyejukkan mata

 

Masih di lokasi yang sama, gardu pandang berbentuk bintang dari papan (Star on Pine) juga keren banget. Dengan ketinggian yang lumayan membuat debaran jantung bertambah, spot ini digemari untuk mendapatkan foto nature yang cantik. Terutama menjelang sore atau malam hari ketika kabut mulai turun. Terlebih jika cuaca amat mendukung, pemandangan sunset yang dramatis bisa kalian dapatkan. Tetapi, kalian harus berhati-hati agar tidak terjatuh saat asyik berfoto karena tidak ada paranet di bawah spot ini sebagai fasilitas keselamatannya. Bisa juga hammocking di sini karena pengelola menyediakan beberapa hammock di lokasi.

Star on Pine, spot foto yang instagramable yang jadi incaran pemburu view sunset keren

Jangan lupa berfoto sambil berayun di atas ketinggian dengan single swing yang juga cukup menantang adrenalinmu. Ayunan ini dilengkapi dengan sabuk keselamatan, jadi aman untuk mencobanya. Jika terlalu takut, lebih baik kalau tidak melihat ke bawah ketika berayun. Semua ini berada di satu lokasi spot foto dengan harga tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah saja.

Single Swing yang memacu adrenaline

Setelah puas berfoto di spot gardu pandang, lanjut perjalanan menuju air terjun yang jaraknya sekitar 700 meter dari lokasi ticketing. Untuk yang membawa kendaraan roda empat, mobil harus diparkirkan di bagian pintu utama dan selanjutnya dengan naik ojek seharga Rp 20 ribu untuk dua kali jalan. Jika membawa sepeda motor dapat langsung menuju lokasi wisata. Akan tetapi anda harus hati-hati, sebab jalurnya yang cukup terjal dengan kondisi jalan yang berbatu. Bersiaplah untuk berbecek ria jika berkunjung di musim hujan karena jalan menuju lokasi masih minim infrastruktur.

Yang istimewa di Coban Putri adalah  tempat ini memiliki 2 air terjun di satu lokasi. Cantik. Itulah satu kata yang dapat menggambarkan air terjun yang hanya memiliki ketinggian 20 meter ini. Sebuah jembatan bambu menghubungkan jalan kedua coban. Aliran airnya tidak terlalu deras, kemungkinan karena saat ini adalah musim kemarau. Tetapi, saat musim penghujan debit airnya akan naik dan derasnya air terjun akan semakin indah untuk dinikmati.

Air terjun eksotis  favorit Sang Permaisuri

Coban Putri memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk traveler seperti musholla, toilet dan sebuah kafetaria di lokasi air terjun yang menyedian makanan ringan dengan harga yang tidak mahal. Bagi yang suka berkemah juga disediakan camping ground yang representatif. Tempat wisata ini, sangat cocok untuk bersantai, piknik bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Gimana, guys. Sudah pantas kiranya Coban Putri jadi next destination, nih. (*)