Ini Dia 8 Destinasi Cantik di Belgrade yang Sekarang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Memerlukan Visa

Bagi para traveler pemegang paspor Indonesia yang ingin berkunjung ke wilayah Eropa tenggara dan ingin menikmati keeksotisan wilayah Balkan tanpa harus pusing urus visa, maka berkujunglah ke Serbia. Mulai tanggal 14 Oktober 2017, bagi pemegang paspor biasa dapat masuk, transit dan tinggal di wilayah Republik Serbia sampai 30 hari sejak tanggal masuk untuk jangka waktu selama satu tahun.

Negara yang berbatasan langsung dengan Hungaria di bagian utara ini memiliki berbagai jenis wisata, seperti wisata kota dengan bangunan tua peninggalan Turki dan Austria-Hungaria, ataupun wisata alam seperti hiking di musim panas atau skiing di musim dingin.

Kabar baiknya, biaya hidup seperti makan, penginapan serta transportasi di Serbia tidak terlalu mahal sehingga bagi traveler yang ingin berkunjung tidak harus merogoh kocek terlalu dalam. Sebagai contoh, sekali makan bisa menghabiskan 300-400dinar Serbia (sekitar 40rb Rupiah) dengan porsi besar ala bule. Sedangkan untuk penginapan, bagi backpacker untuk 1 tempat tidur yaitu 15-20Euro/malam.

Kali ini, saya ingin mengulas berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Belgrade, ibukota Serbia. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya:

1. Belgrade Fortress dan Kalemegdan Park

Terletak di jantung kota Belgrade, Belgrade Fortress dan Kalemegdan Park adalah sebuah simbol kota Belgrade yang menyimpan berjuta sejarah. Benteng ini dibangun pada abad ke-15, dan masih kokoh berdiri hingga sekarang. Benteng ini terdiri dari bagian atas dan bawah serta terdapat taman Kalemegdan yang sering digunakan untuk berkumpul, berjalan-jalan, membaca buku, bermain catur, atau melihat pemandangan indah pertemuan antara sungai besar Sava dan Danube.

Benteng Belgrade, Kalemegdan

Jika tertarik dengan sejarah lebih dalam, dapat mengikuti tour underground tunel (bawah tanah) yang digunakan pada masa peperangan. Untuk masuk ke Belgrade Fortress dan berkeliling di taman Kalemegdan tidak perlu mengeluarkan biaya, karena tidak diberlakukan tiket masuk. Namun untuk tur tunel bawah tanah, biayanya sekitar 950dinar Serbia (100rb Rupiah) sudah termasuk dengan tour guide.

Underground tunnel

2. Skadarlija

Merupakan sebuah jalan vintage, yang terletak di pusat kota Belgrade bagian kota tua (Stari Grad). Skadarlija merupakan tempat kedua populer yang dikunjungi oleh wisatawan setelah Kalemegdan. Sepanjang jalan ini terdapat restauran serta kafe dengan arsitektur ala bohemian, dan dipercantik dengan warna warni bunga yang menambah kesan klasik. Banyak wisatawan yang melabelkan jalan Skadarlija ini adalah kembaran dari Paris’s Montmartre karena gaya bohemian.

Skadarlija Street

3. Temple Saint Sava

Sebagian besar masyarakat Serbia memeluk agama kristen Orthodoks. Temple Saint Sava ini merupakan gereja kristen ortodoks terbesar di Balkan dan merupakan 1 dari 10 bangunan gereja terbesar didunia, oleh karena itu banyak wisatawan yang datang untuk melihat kemegahan gereja yang memiliki kubah setinggi 134 meter ini.

St. Sava Temple

4. Jalan Knez Mihailova

Nama jalan ini diambil dari nama seorang pangeran Serbia, yaitu Prince Michael. Jika pernah berkunjung ke Turki, jalanan ini serupa dengan Istiklal Street yang merupakan pusat fashion dan coffee shop. Tidak pernah sepi, selalu dipenuhi pengunjung yang ingin berbelanja atau hanya sekedar menikmati suasana eropa yang kental dengan musik jalanan di sepanjang jalan. Di bagian kiri-kanan jalan terdapat toko-toko belanja dengan merek terkenal, kafe, dan toko souvenir khas Serbia.

Jalan Knez Mihailova

Yang menarik, di bagian depan jalan ini terdapat patung Pangeran Michael yang sedang menunggang kuda. Tempat ini sangat terkenal di kalangan orang Serbia sebagai meeting point, dengan sebutan “Konj” yang artinya kuda.

Patung Pangeran Mihaila berkuda

5. Museum Nikola Tesla

Siapa yang tidak kenal Nikola Tesla? Beliau merupakan salah satu ilmuwan terpenting dalam sejarah. Penemu elektromekanik dan daya listrik tanpa kabel ini adalah lelaki berketurunan Serbia. Dalam museum ini terdapat ribuan dokumen, buku, foto dan gambar yang berkaitan dengan karyanya tentang listrik di dunia. Museum ini juga menampilkan pameran interaktif termasuk model terkomputerisasi dari penemuannya.

Demonstrasi penemuan Nikola Tesla, listrik elektromagnetik

6. Museum Sejarah Yugoslavia

Museum ini merupakan tempat dimana Josip Broz Tito beserta istri dimakamkan. Beliau merupakan pemimpin Partisan Yugoslavia pada Perang Dunia II, dan kemudian menjadi presiden Yugoslavia. Beliau sangat terkenal dikalangan pemimpin di seluruh dunia, dan beliau termasuk teman baik dari presiden pertama kita yaitu Soekarno ketika berjuang bersama dalam gerakan non-blok. Di museum ini kita dapat melihat banyak peninggalan beliau, salah satunya hadiah dari Soekarno yaitu sebuah keris.

Museum Sejarah Yugoslavia

7. Avala tower

Tower ini merupakan menara telekomunikasi tertinggi di Balkan. Pertama kali dibangun pada tahun 1965 namun dihancurkan oleh pemboman NATO di Sebia pada tahung 1999. Lalu dilakukan pembangunan kembali pada tahun 2010. Tower ini terletak di wilayah pegunungan Avala di pinggiran kota Belgrade. Tidak hanya tower, namun terdapat monument yang menceritakan tentang pahlawan pada masa perang dunia. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tower ini adalah di sore hari, sambil menikmati udara pegunungan dan sunset di sekitar tower.

Avala tower (jembatan)

8. Ada Ciganlija

Karena letak Serbia yang seluruh wilayahnya merupakan daratan dan tidak memliki bagian laut, maka Ada Ciganlija inilah yang disebut sebagai “Lautnya Belgrade”. Dibuat dari bentangan Sungai Sava dan di bentuk menyerupai pantai yang memiliki pulau buatan untuk berjemur pada musim panas. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas olahraga seperti voli pantai, basket, dayung, rugby dan tenis. Tersedia juga jalur untuk jogging, bermain sepeda dan sepatu roda dengan jalur yang panjangnya 10Km. Di sekitar pantai terdapat hutan lebat buatan yang menyerupai daerah padang rumput dan dapat ditemui rusa, kelinci atau rubah. Sering digunakan untuk acara piknik keluarga serta acara barbeque di musim panas.

Ada Ciganlija