Ikan Bilih Gurih yang Mulai Langka Ini Hanya Ada di Danau Singkarak

Ada yang sudah pernah menikmati ikan bilih? Rasanya gurih dan khas! Ikan ini tidak akan dijumpai di daerah lain, hanya ada di Danau Singkarak, Sumatera Barat. Sekarang ini populasinya mulai berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika Kamu jalan-jalan di sepanjang tepian Danau Singkarak dan mampir di rumah-rumah makan di daerah itu, mereka pasti menyediakan hidangan ikan bilih goreng. Biasanya disediakan dengan sambal cabe merah goreng atau yang tanpa sambal juga ada.

Di Danau Singkarak, ikan ini ditangkap menggunakan jaring khusus yang halus. Ukuran ikan bilih ini kecil, hanya lebih besar sedikit dari ikan teri. Sebelum dimasak ikan ini terlebih dahulu dibersihkan dengan membuang isi perutnya. Nelayan penangkap ikan bilih sangat mahir membuang isi perut ikan bilih ini. mereka melakukannya di atas sampan sambil menunggu jaring penuh. Ikan bilih yang sudah dibersihkan inilah yang kemudian di bawa ke pasar Pitalah untuk dijual.

Di kampung-kampung sekitar Danau Singkarak banyak industri rumah tangga yang mengolah ikan bilih menjadi ikan bilih goreng yang siap disantap. Bahkan sekarang ini juga bisa dibeli secara online oleh penikmat yang berdomisili jauh dari Danau Singkarak. Rasa ikan bilih ini tidak sama, tergantung dari mana daerah tangkapannya dan cara pengolahannya. Menurut salah seorang penjual ikan bilih goreng, jika cara membuang isi perut salah maka rasa ikan bilih menjadi agak pahit.

Ikan bilih dari daerah sekitar Sumpu rasanya lebih gurih. Mungkin karena di sini sumber airnya lebih jernih. Saya tidak tau pasti kenapa rasanya agak sedikit berbeda. Tentu Kamu harus datang ke sini untuk mencoba sendiri.