Eksotisnya Air Terjun Sedudo, Air Terjun Majapahit yang Berbalut Cerita Mistis

Warga Jawa Timur pastinya sudah tak asing lagi dengan nama air terjun yang satu ini. Air terjun ini sudah cukup populer di antara air terjun yang ada di wilayah Jawa Timur. Selain suguhan bentangan alam yang sangat eksotis, air terjun ini memiliki daya tarik dari kisah mitos yang menyelimutinya. Sehingga tempat wisata ini seolah tidak pernah sepi dari pengunjung.

Berbagai cerita mistis selalu terlontar ketika seseorang membicarakan air terjun bernama Sedudo ini. Berbagai fakta dan mitos air terjun yang terletak di Nganjuk ini hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat lokal. Salah satu kepercayaan yang jadi rahasia umum adalah siapa saja yang mandi di sana bisa awet muda, panjang umur dan dimudahkan ekonominya. Kepercayaan ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dan tidak jarang banyak wisatawan yang mempercayainya.

air terjun sedudo yang penuh cerita mistis. source: dok. pribadi

Konon kabarnya air terjun ini telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai air atau tirta suci yang mengalir dari kahyangan. Para raja, bangsawan, dan pendeta dari Majapahit kerap memanfaatkan air terjun tersebut untuk upacara ritual.

Lokasi wisata ini tiap harinya cukup ramai didatangi oleh wisatawan baik wisatawan dari wilayah sekitar Nganjuk atau dari luar wilayah Jawa Timur. Puncak keramaian wisatawan biasanya terjadi pada bulan Sura (bulan dalam kalender Jawa). Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut. Setiap Tahun Baru Jawa 1 Sura, berbagai ritual dilaksanakan di air terjun ini. Air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca ataupun ritual memandikan senjata pustaka, seperti keris. Upacara tersebut dikenal dengan nama upacara Parna Prahista. Nantinya sisa air tersebut dipercikkan kepada keluarga untuk mendapat keberkahan, keselamatan, dan awet muda. Tradisi ini pun masih berlanjut hingga sekarang dan rutin digelar oleh Pemkab Nganjuk dengan nama ritual Mandi Sedudo

pengunjung berfoto di depan air terjun sedudo. source: dok. pribadi

Air Terjun Sedudo ini terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Nganjuk. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 105 meter ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Walaupun sangat mudah diakses, akan tetapi lokasinya berada di pegunungan yang membuat kalian harus menyiapkan kendaraan yang prima karena jalannya yang cukup menanjak dan berkelok. Air Terjun Sedudo ini berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 1438 meter dari permukaan laut.

Harga tiket masuk air terjun Sedudo cukup murah yaitu sebesar Rp. 10.000 per orang baik anak maupun dewasa. Sedangkan biaya parkir hampir sama dengan tempat lain, motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000. Usai membayar tiket masuk di gerbang utama, kalian masih harus melakukan trekking untuk menuju lokasi air terjun. Rute dari tempat parkir menuju lokasi air terjun cukup mudah, kalian tinggal menuruni tangga selama sekitar 5 menit saja untuk mencapai air terjun Sedudo.

trekking menuju air terjun sedudo. source: dok. pribadi

Kawasan wisata Air Terjun Sedudo ini menyuguhkan berbagai keindahan alam. Keelokan air terjun dengan debit air yang cukup deras menghasilkan suara dentuman yang indah, air yang mengalir pun terbilang jernih.

Kalian pun bisa merasakan segarnya air yang mengalir dari Sedudo ini, pihak pengelola air terjun telah menyediakan tempat khusus bagi pengunjung yang ingin mandi atau bermain air. Disini kalian bisa dengan puas merasakan sensasi dinginnya air terjun Sedudo. Tapi perlu diingat ya, jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di aliran air terjun, tidak mandi atau keramas dengan menggunakan sabun ataupun shampoo.

menikmati segarnya air terjun sedudo. source: dok. pribadi

Tak perlu takut kelaparan, karena di lokasi ini banyak dijumpai penjual makanan. Berbagai jajanan tradisional dengan harga yang sangat merakyat bakal kalian jumpai di area air terjun ini.

Pesona alam yang eksotis, harga tiket yang terjangkau dengan berbagai fasilitas dan akses yang menunjang serta berbagai kepercayaan lokal yang masih melekat kuat membuat air terjun ini layak masuk dalam list destinasi wisata kalian guys. Enjoy your traveling!