Bingung Mau ke Mana Setelah Lebaran? Saksikan Pesona Sumpu di Festival Danau Singkarak

Nagari sumpu terletak di tepi Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar yang dialiri oleh Batang Sumpur dengan sawah dan bukitnya yang mempesona. Terkenal dengan kulinernya seperti Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang serta buah Sawonya yang manis. Selain itu, di Sumpu juga terdapat banyak Rumah Gadang yang usianya ratusan tahun dan ada beberapa yang telah dijadikan homestay. Silakan baca Sumpu, Nagari 1000 Rumah Gadang yang Sesungguhnya. Dengan banyaknya potensi yang dimiliki Nagari Sumpu dan untuk menunjang pariwisata Sumatera Barat, maka diadakan Festival Danau Singkarak dengan tema Pesona Sumpu pada tanggal 1-2 Juli 2017.

Harapan kami dengan diadakannya Festival Danau Singkarak bertema Pesona Sumpu dapat mempererat silaturahmi, melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagari Sumpur di masa datang. Yang mana nantinya berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat, terutama untuk masyarakat Nagari Sumpu.

Rangkaian acara Festival Danau Singkarak Pesona Sumpu
– Pagelaran Seni dan Budaya anak Nagari Sumpu yang akan menampilkan aneka tari, pertunjukkan randai, dan pertunjukkan musikal Talago Buni. Akan ada arakan bundo kanduang Nagari Sumpur menjunjung talam.

– Lomba Pacu Biduak. Dimana pesertanya adalah nagari-nagari yang ada diselingkar Danau Singkarak.

– Lomba Dekorasi dan Modifikasi biduak yang juga peserta nagari selingkar Nanau Singkarak. Peserta dipersilahkan untuk mendekorasi dan memodifikasi biduaknya supaya menarik dan unik.

– Lomba Manjalo yang dilakukan dari atas biduak yang pesertanya anak Nagari Sumpur. Butuh keahlian khusus peserta agar biduak tidak karam dan jala terkembang dengan sempurna.

– Eksebisi Pawai Perahu Naga, Perahu Perhubungan, Perahu Karet, Perahu BPBD dan Biduak.

– Silat Dalam Air, pertunjukan silat anak Nagari Sumpu yang dilakukan di dalam Danau Singkarak.

– Lomba Kuliner juga akan diadakan untuk ibu-ibu PKK dan bundo kanduang dengan masakan ciri khas Nagari Sumpu.

– Mancing Mania juga diadakan di Batang Sumpu

– Lomba Fotografi untuk photographer. Para photographer dipersilakan mengabadikan langsung keindahan Nagari Sumpu.

Setiap lomba disediakan hadiah yang menarik. Jadi jangan ragu untuk ke mana setelah lebaran tanggal 1-2 Juli 2017. Buat yang ingin info lebih lanjut silakan hubungi: Kamrita (+6281363733737) dan saya (+6285263984498). Oh ya, jika ingin menginap di Nagari Sumpu selain hotel kami juga menyediakan homestay dengan harga terjangkau.