9 Tempat Wisata di Pulau Belitung yang Tak Boleh Kamu Lewati

Pulau Belitung merupakan salah  satu destinasi favorite  wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Tak dapat dipungkiri, film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata memberikan pengaruh besar terhadap dunia wisata Pulau Belitung.  Sejak novel dan film  ini booming, keindahan pulau ini mulai dikenal banyak orang. Tak heran pula  pulau ini  dikenal sebagai pulau Laskar Pelangi.  Terlepas dari uniknya kisah film yang telah menginspirasi banyak orang tersebut,  Belitung memang memiliki kekayaan alam bahari yang ciamik dan memukau, pantai-pantai dengan formasi batuan nan unik, pulau-pulau kecil nan menawan lengkap dengan pasir halus nya dan bawah lautnya yang juga layak buat wisatawan bersknoling.

Tak hanya wisata bahari, Belitung juga menyuguhkan kekayan wisata lain seperti wisata sejarah, budaya, kuliner dan bahkan literasi.  Kekayaan wisata yang  lengkap ini pun sudah didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.  Beberapa maskapai pun melayani penerbangan menuju Tanjung Pandan. Bandara H. As. Hanandjuddin  merupakan pintu gerbang kedatangan wisatawan di pulau ini.

Jika hendak menghemat waktu, sebaiknya mengambil penerbangan paling awal, mengingat banyak tempat indah yang harus dijambangi. Jika anda tidak mau repot dengan tetek-bengek itenerary ada baiknya menggunakan biro travel yang menawarkan berbagai paket, baik paket lengkap berupa penjemputan dari dan ke bandara, hotel tempat menginap, makan selama tinggal di Pulau Belitung,  penyewaan  semua transportasi. Intinya pada paket lengkap ini wisatawan tinggal duduk manis menikmati alam. Namun bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualangan, dapat  menyusun  itinerary sendiri.

Wisata bahari adalah wisata yang paling utama di Belitung. Utuk dapat menikmati keindahan wisata Bahari tersebut wisatwan harus mengunjungi tempat-tempat wisata ini :

1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi yang paling banyak mencuri perhatian. Pantai dengan formasi batuan-batuan utuh besar dengan jumlah sangat banyak sepertinya memang hanya ditemui di sini. Maisih segar dalam ingatan dalam film itu anak-anak SD N Muhammadiyah Gantong berlarian di antara batuan-batuan itu. Uniknya kadang, wisatawan yang datang ke pulau ini pun menirukan beberapa adegan–adegan dalam film tersebut. Untuk mendapatkan pemandangan pantai dan batuan yang indah, pengunjung harus menaiki batuan-batuan tersebut. Namun perlu kehati-hatian terutama pada saat hujan. Jangan memaksakan diri jika memang terlalu sulit.

Tak jauh dari pantai ini kadang ada beberapa penduduk yang menjajakan souvenir kecil dari karang atau bahan lainnya. Tak ada salahnya mencoba membeli dagangan mereka. Ini merupakan salah satu kontribusi nyata para pengunjung dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

Batuan Granit Yang Memukau

2. Pantai Tanjung kelayang
Pantai Tanjung Kelayang memiliki pasir yang sangat halus. Air nya pun sangat jernih.   Sepanjang mata memanjang yang terlihat hanyalah biru yang sangat memukau. Dari pantai ini juga para pengunjung dapat menikmati gugusan batuan dan yang paling mencuri perhatian adalah gugusan batuan seperti burung garuda.  Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata juga telah menetapkan kawasan ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis pariwisata.

Pantai ini juga biasanya adalah titik pemberangkatan wisatan yang hendak mendatangi pulau-pulau wisata Belitung.  Banyak kapal-kapal kecil ditambatkan di sini. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, wisatawan akan disambut dengan sebuah tulisan raksasa“ Welcome to Belitung”. Berfoto dengan latar belakang tulisan ini seolah menjadi wajib hukumnya sebagai bukti bahwa sudah pernah ke Belitung.

Pantai Tanjung Kelayar dan Batu Burung Garude

3. Pulau Lengkuas
Pulau ini juga merupakan salah satu  lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai di salah satu sisi pulau ini pun memiliki formasi batuan yang unik.  Namun yang paling terkenal dari pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang sudah dibangun sejak tahun 1882.  Dari lantai tertinggi mercusuar 18 lantai ini, pemandangan indah yang tak ada tepinya tersuguhkan.  Laut biru yang bergradasi dari biru tua sampai hijau tosca adalah lukisan alam nan menyegarkan mata. Perahu-perahu nelayan yang berjajar rapi di pinggir pantai menjadi pemandangan lain yang menakjubkan. Usaha menaiki anak tangga yang terbuat dari besi dengan bentuk melingkar ini,  rasa-rasanya akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang diperoleh dari titik tertinggi mercusuar ini.

Mercusuar

Berfoto dengan latar mercusuar ini adalah hal wajib yang harus dilakukan.  Untuk mendapatkan landscape pulau ini dengan bagus, ada baiknya mengambil foto dari beberapa gugusan batuan yang ada di salah satu sisi pulau ini.  Saat ini di pulau ini juga terdapat gubug-gubug pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Kelapa muda adalah minuman khas pantai yang wajib di coba di sini.  Di sekitaran Pulau Lengkuas ini juga terdapat beberapa spot untuk bersnokling.

4. Pulau Kepayang
Pulau Kepayang sangat ciamik dengan pasirnya.  Di pulau ini terdapat sebuah restoran yang menyajikan menu sea food yang sangat yummi. Ikan dan sea food yang disajikan di sini sudah barang tentu adalah ikan-ikan segar yang baru saja ditangkap di lautan.  Di restorant ini juga terdapaat kamar mandi dan toilet.  Pada umumnya wisatawan membersihkan diri di sini dengan air tawar setelah seharian bermain air garam di lautan.

Pulau Kepayang

Menikmati seafood yang dimasak dengan bumbu berkualitas sambil menikmati pemandangan pantai,  sensasinya luar biasa. Ikan kuah kuning adalah makana khas Belitung yang menjadi menu utama di sini. Kepiting, udang dan cumi-cumi adalah makanan lain yang wajib dicicipi.

Pemandangan pantai dengan langit biru yang kadang di hiasi dengan lukisan awan yang unik adalah hal lain yang bisa dinikmati  di sini.

5.Pulau Pasir atau Pulau Gusong
Ini adalah pulau unik yang  hanya ditemui di kepulaun Belitung ini. Kalo menurut  saya ini sebenarnya bukan pulau. Ini hanyalah gugusan pasir dan hanya bisa dinikmati jika air lautnya sedang surut.  Air lautnya sangat bening, kadang beberapa hewan laut seperti bintang laut pun terlihat. Gradasi warna laut pun bisa dinikmati di sini.  Jika beruntung, pulau ini  kadang dilewati rombongan burung-burung.  Berada di gugusan pasir ini berasa berdiri di tengah lautan yang tak bertepi. Di salah satu sisi lain terlihat salah satu pulau yang menyempurnakan lukisan alam.  Tempat ini paling cocok untuk berjemur atau burn skin.

Pulau Pasir

6. Pulau Batu Berlayar
Jika pulau pasir hanyalah gugusan pasir, maka lain lagi dengan Pulau Batu Berlayar. Pulau  ini adalah kumpulan batuan granit yang indah. Dari kejauhan formasi batuan ini seperti layar. Dari bentuknya itulah maka pulau ini diberi nama Pulau Batu Berlayar. Pulau ini lebih besar dibandingkan dengan Pulau Pasir. Tempat ini sangat ciamik untuk dijadikan sebagai salah satu spot berfoto. Air nya pun sangat bening, ikan-ikan kadang terlihat jelas. Perlu ekstra hati-hati berjalan di atas batuan ini. Banyak batu yang licin karena adanya lapisan lumut.

Pulau Batu Berlayar

7. Pulau Burung
Pulau Burung dikelilingi oleh formasi batuan granit berbagai bentuk. Pantainya pun sangat jernih dengan pasir yang sangat halus.  Menyaksikan batuan dengan warna dominan putih diantara gradasi birunya air laut dan cerahnya langit itu adalah pemandang sempurna yang meninggalkan decak kagum.

Pantai Pulau Burung

Beberapa batuan yang sangat terkenal di sini adalah batu burung  karena memang bentuknya seperti burung. Jika air sedang surut wisatawan bisa mendatangi batuan ini yang jaraknya tidak terlalu jauh dari bibir pantai.  Ada juga sekelompok batuan yang tersusun  rapat dan rapi. Masyarakat  di Belitung menyebutnya Batu Becinte.

Bermain di atas pasirnya yang halus atau berlarian kecil dan berlompatan diatara gugusan batuan adalah pilihan aktivitas yang jangan dilewatkan di pulau ini.  Bagi penggemar snorkling, ada beberapa spot snorkling  di sekitar pulau ini.

Batu Burung

8. Menikmati Senja dan Sunset
Suasana senja ketika matahari terbenam memang telah menghipnotis banyak orang. Suasana ini selalu diburu dan dirindu. Demikian pula dengan Belitung, di sini terdapat beberapa pantai dimana pengunjung dapat menikmati sunset nan indah. Pantai Tanjung Pendam satu diantaranya. Letak pantai ini tidak jauh dari pusat kota, banyak penjual makanan dan warung kopi berjajar di pantai ini. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota maka pantai ini memang rame pada sore hari, sekedar menikmati sunset atau menikmati jajanan pinggir pantai.

Sunset di Bukit Berahu

Tempat lain yang cukup ciamik untuk menikmati sunset adalah di Pantai Bukit Berahu. Pantai ini suasananya agak sepi terletak tidak jauh dari Kampung Nelayan Bugis Tanjung Binga. Ini merupakan perpaduan bukit dan pantai. Di pinggir Pantai Bukit Berahu ini terdapat bangunan cottage dan bungalow dengan pasir putih serta pohon-pohon rindangnya.

9. Kawah Kaolin
Kawah Kaolin atau ada juga yang menyebutnya Danau Kaolin adalah danau yang terbentuk dari bekas penambangan.  Di Pulau Belitung ini kita akan banyak menemukan danau-danau yang terbetuk dari galian penambangan. Namun Kaolin menjadi unik karena ukurannnya yang besar dan air danaunya yang berwarna hijau tosca. Pingggiran danau ini adalah pasir yang warnanya agak keputihan. Jika dapat mengambil anggle foto yang bagus, Danau Kaolin ini mirip dengan Pamukkale di Turki.  Ada juga yang menyebut seperti Kawah Putih di Bandung dan bahkan ada yang menyamakannya dengan Iceland karena pasir putihnya kadang terlihat seperti salju

Siang hari, suhu sangat panas di sini, sangat disarankan untuk menggunakan penutup kepala seperti topi atau payung dan jangan lupa membawa sunglass agar matanya tidak silau.

Kawah Kaolin

10. Wisata Lain
Jika masih memiliki waktu maka perjalanan dapat dilanjutkan dengan wisata budaya dan sejarah diantaranya di rumah adat Belitung dan Museum Tanjung Pandan.  Atau bisa juga melanjutkan perjalanan ke Belitung Timur.  Replika SD Muhammadiyah Gantong adalah destinasi favorite di sini.  Bagi yang pernah menonton film laskar pelangi tentu ingat adegan-adegan di sekolah ini. Bagi penggemar literasi, bisa mengunjungi museum Andrea Hirata.

Wisata lain yang tak boleh dilewatkan adalah wisata kuliner. Mencicipi masakan khas Belitung tentu wajib hukumnya. Beberapa makanan yang wajib di coba mie Belitung, Gangan ikan( ikan kuah kuning), kopi belitung,  dan kepiting isi. Kepiting isi ini merupakan salah satu oleh-oleh khas belitung yang banyak di buru.

TIPS lain untuk berwisata ke Pulau Belitung:

  1. Pilih penerbangan paling pagi. Sehingga punya banyak waktu untuk menikmati Pulau Ini
  2. Susun itinerary dengan baik. Ada baiknya menggunakan jasa biro travel agar tidka dipusingkan dengan urusan akomodasi seperti penyewaan kapal, mencari hotel dan penjemputan dari dan ke bandara
  3. Persiapan pakaian topi, sunglasses, dan payung
  4. Perhatikan musim dan cuaca. Ada baiknya mengunjungi pulau ini pada musim panas. Agar cuaca cerah dengan langitnya yang biru dapat dinikmati dan bisa mengunjugi pulau pulau kecil seperti Pulau Pasir dan Pulau Batu Berlayar