9 Destinasi Favorit Untuk Menikmati Keindahan Kota Busan, Korea Selatan

Korea Selatan saat ini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata favorit dunia.  Sejarah kehidupan masa lampau, budayanya yang unik berpadu dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi daya tarik wisata utama yang mencuri perhatian banyak wisatawan. Disamping Seoul yang merupakan ibu kota negara ini, kota kedua yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Busan.

Busan adalah kota metropolitan kedua terbesar di Korea Selatan dan merupakkan kota pelabuhan terbesar. Kota ini terletak di bagian tenggara negara Korea Selatan. Dari Seoul kota ini bisa dijangkau dengan pesawat udara lebih kurang 45 menit atau menggunakan kereta.  Bagi anda penggemar film Korea tentu ingat film horor Train to Busan. Mungkin sensasi film ini akan dapat dirasakan, jika memilih kereta untuk menuju Busan.  Banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati di kota ini.  Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, alam dan wisata belanja. Berikut adala beberapa  tempat wisata yang harus dinikmati di Busan yaitu:

1. Handeu beach
Ini adalah pantai utama di Busan dan terletak di jantung kota Busan. Sehingga pantai  ini sangat ramai dikunjungi sepanjang waktu apalagi pada saat musim panas.  Meskipun berada di pusat kota, pantai ini sangat bersih. Menikmati senja di sini pun bisa menjadi pilihan.  Pasirnya pun sangat bersih dan halus. Pada saat musim panas, banyak penyewaan tenda dan peralatan olah raga air seperti boat, perahu air atau lainnya.  Disepanjang pantai ini banyak terdapat cafe  dan tenda-tenda untuk menikmati makanan. Di salah satu sisi pantai ini juga terdapat Busan Sea Life Aquarium, yang bisa dikunjungi jika ingin menikmati keindahan dunia bawah laut.

Suasana senja di Handeu Beach

Waktu terindah menikmati pantai ini adalah di sore hari.  Banyak burung camar atau seagull yang berkeliaran di sini, yang dengan ramah menyambut kedatangan wisatawan.  Bermain-main dengan burung-burung ini bisa menjadi pilhan. Kesempatan berfoto dengan burung-burung yang sedang berterbangan ini adalah moment menarik yang jangan sampai terlewatkan.  Banyak juga hotel  yang menawarkan view pantai ini. Namun untuk mendapatkan kamar dengan pemandangan langsung ke pantai ini pengunjung tentu harus merogoh kocek lebih dalam.

2. Dongbaek Park
Tak jauh dari pantai Handeu, tepatnya ke arah selatan terdapat sebuah taman yang sangat ciamik yaitu Dongbaek Park.  Berjalan kaki atau jogging adalah aktivitas yang sangat disarankan disini. Taman ini sekilas seperti berdiri di atas gugusan batu karang yang dibuat jembatan kayu yang ditata sangat rapi dan apik. Pohon-pohon rindangpun menghiasi taman ini. Di taman ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari jembatan-jembatan kayu ini yang pada bagian tertentu lantainya terbuat dari kaca transparant.

Salah satu sisi Dongbaek Park

Terdapat sebuah patung putri duyung di taman ini. Patung ini berdiri sendiri menghadap laut lepas yang mengisahkan kerinduan yang sangat dalam. Konon ceritanya  bahwa  Putri Hwanggok yang datang  Kerajaan duyung Naranda menikah dengan Raja Eunhye dari Mugung. Setelah menikah,  Putri Hwanggok hanya bisa melepas rindu kepada keluarga dan bangsanya di Naranda  melalui pantulan bola emas saat bulan purnama tiba.

3. Gangwali Beach
Tak jauh dari Handeru Beach, Pantai lain yang tak kalah menariknya di Busan adalah Gwanganli beach. Di pantai ini terdapat sebuah jembatan yang sangat cantik yaitu  jembatan Gwangan (Gwangan Bridge). Pantai ini  dihiasi lampu warna-warni sehingga menambah keindahan pantai di malam harinya. Pantai Gwanganli juga dijuluki “café town” karena di sini banyak cafe, restoran dan kafe. Untuk dapat menikmati keindahan jembatan Gwangan, sangat disarankan mengunjungi pantai ini pada malam hari karena gemerlap lampu dari jembatan ini akan terlihat jelas.

Gwangan Bridge

4. Yongdusan Park dan Busan Tower
Tak hanya pantai, Busan juga menawarkan wisata lain yaitu Gunung. Untuk dapat menikmati segarnya angin gunung, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adala Yongdusan park. Terdapat sebuah escalator yang sangat tinggi di sini, sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah untuk menuju kawasan pengunungan ini.

Busan Tower dan flower clock

Selain menghadirkan pemandangan dan suasana gunung yang indah  , taman ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas dan atraksi seperti  Busan tower yang ikonik dan megah, Citizen’s bell, flower clock, poem themed streets,  patung laksamana Yi Sun-Shin, monumen Baeksan Anhuijae, monumen peringatan Yongdusan Park, monumen Chunghon, monumen Yongtap (naga), galeri seni Yongdusan dan banyak lagi. Jika ingin melihat keindaan kota Busan terutama suasana pelabuhannya dari ketiggian  maka sangat disarankan naik ke Busan Tower.  Untuk naik ke atas tower ini pengunjung harus membeli tiket alias tidak gratis.

5. Jagalci Market
Jagalci market adalah salah satu pasar ikan terbesar di Korea Selatan dan nomor dua terbesar di dunia. Segala macam binatang laut dapat ditemui di sini. Meskipun pasar ini terbilang modern, namun tetap bau amis sangat terasa. Bagi pengunjung yang tidak kuat bau amis sangat disarankan untuk menggunakan masker penutup hidung. Menikmati suasana pasar ikan, dengan berbagai kehidupan di dalamnya kadang menghadirkan keasyikkan tersendiri. Bagi para photograper, ini adalah sala satu tempat terbaik untuk street photography yaitu menangkap secara alami kehidupan manusia tanpa ada adegan atau pose yang dibuat-buat, semua mengalir secara natural.  Di belakang Jagalci market ini terdapat sebuah area bermain yang cukup indah dengan latar belakang laut, jembatan dan gedung-gedung tinggi.

Jagalci Market

6. Gukje Market
Gukje market adalah tempat favorite belanja di Busan termasuk belanja oleh-oleh khas Korea Selatan karena harganya yang relatif lebih murah dan juga tersedia banyak pilihan.  Secara garis besar Gukje market ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian depan berupa deretan pertokoan yang menawarkan produk kosmetik, pakain,dan sepatu  serta bagian belakang berupa gang  pasar tradisional yang menjual berbagai macam rupa barang termasuk souvenir. Pada beberapa toko souvenir pedagangnya bisa berbahasa Indonesia, ini merupakan salah satu bukti bahwa banyak wisatawan yang datang ke sini adalah orang Indonesia.

Hal yang unik di pasar ini adalah para pedangan makanan yang berjejer di antara lorong pertokoan dan pembeli bisa menikmati makanan di meja dan kursi kecil yang telah disediakan. Berbagai macam makan khas tradisional korea ditawarkan disini.

Street food di Gukje Market

7. Shinsegae Centum City
Tak hanya terkenal dengan pasar-pasar tradisionalnya, Busan juga sangat terkenal dengan pusat perbelanjaan modernnya. Salah satu yang terkenal adalah Shinsegae.  Shinsegae di kota Busan ini dinobatkan tak hanya sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Korea Selatan namun juga di dunia. Berbagai macam produk kosmetik dan fashion ditawarkan di pusat perbelanjaan ini. Namun barang-barang yang dijual di sini adalah merk-merk terkenal yang harganya tentu juga selangit.  Disamping itu di sini juga terdapat cafe, restorant, bioskop dan arena bermain lainnya, layaknya pusat-pusat perbelanjaan lainnya.

Shinsegae; Pusat perbelanjaan terbesar di dunia

8. BIFF (Busan International Film Festival) Square
BIFF Square adalah sebuah kawasan yang didekasikan untuk perindustrian film. Meski saat ini  tak lagi menjadi tuan rumah festival tersebut, BIFF Square tetap wajib dikunjungi untuk melihat berbagai bioskop, gedung teater, pertokoan, serta kios dan lapak yang menjajakan jajanan khas Busan.

BIFF (Busan International Film Festival) Square

9. UN Memorial Cemetery
Perang Korea pada tahun 1950-1953 adalah perang yang meninggalkan banyak cerita bagi penduduk Korea. UN Memorial Cemetery ini merupakan tempat peristirahatan para tentara dari 16 negara yang terdiri dari 2300 mayat. dengan luat 135.000 meter persegi.  Di sini juga berdiri Monumen of Dongnae South Gate yang dibangun pada tahun 1670 pada masa pemerintahan Raja Hyeonjong dari dinasti Joseon (1392 – 1910).  Monumen ini dibagung untuk mengenang para korban invansi  Jepang pada tahun 1592.