10 Tips Aman Solo Traveling ke Malaysia untuk Para Wanita

Traveling saat ini seakan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang, baik di sosial media atau blog selalu bertebaran foto-foto suasana bahagia ketika berwisata. Namun, selama ini masih banyak cewek yang enggan diajak bertraveling dengan alasan keamanan, terlebih jika itu solo traveling atau jalan-jalan sendirian.

Faktor keamanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan, terlebih buat para ladies yang memutuskan untuk berjalan-jalan sendirian. Sebenarnya ketika seseorang ingin untuk berjalan-jalan sendirian memang sedikit ribet, karena kita harus siap dalam kondisi apapun sendirian.

Apalagi kalau traveling sampai ke luar negeri, pasti harus memiliki kesiapan yang lebih untuk berkunjung di negeri orang lain yang memiliki budaya serta bahasa yang beda.

Sebagai awal langkah kalian menuju dunia luar, Malaysia bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok bagi female traveler. Selain faktor jarak yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, bahasa yang digunakan pun sepintas mirip karena Indonesia dan Malaysia masih satu rumpun, jadi kalian tak perlu khawatir jika kalian tidak bisa berbicara dengan Bahasa Inggris.

Berikut 10 tips cara aman traveling ke Malaysia untuk para perempuan yang pergi sendirian:
1. Simpan nomor penting.

catat nomor penting. source: Q Link Wireless

Sebelum kalian berangkat traveling, ada baiknya kalian menyimpan dan mencatat nomor-nomor penting di sebuah buku catatan kecil. Kalian bisa menyimpan nomor orangtua, saudara, kerabat, sahabat dan juga nomor polisi di wilayah yang akan kalian tuju. Mencatat di buku untuk berjaga-jaga kalau kalian kehilangan handphone kalian.

2. Bawa pisau lipat atau pepper spray.

Peralatan ini harus kalian bawa, minimal pepper spray harus terus berada di dekatmu kemanapun kamu pergi. Alat ini akan sagat berguna ketika ada seseorang berusaha mengganggumu.

3. Foto dokumen penting.
Foto dokumen penting kalian, seperti kartu identitas, SIM, paspor lalu kirimkan ke email anda sendiri dan anggota keluarga, sebelum anda berangkat traveling. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika tas atau barang bawaanmu hilang, adanya foto yang masih tersimpan di email akan sangat membantumu.

4. Perbanyak referensi tujuan.
Langkah ini untuk mensurvey seberapa amankah lokasi tujuan wisatamu di Malaysia bagi para turis. Kalau destinasi wisatamu tidak aman untuk turis perempuan, jangan sekali-kali melakukan perjalanan di malam hari. Namun, untuk di Malaysia sebagian besar sudah sangat aman bagi traveler, selain warga yang ramah keamanan dari pihak kepolisian juga terjaga.

5. Hindari membawa high hells.

sneakers. source: woman.dk

High hells adalah benda haram yang kalian bawa ketika berjalan-jalan di Malaysia. Memang akan terasa sangat fashionable ketika penampilan kita bisa perfect saat berwisata. Namun, jangan karena ingin menjaga penampilan tetap cantik membawa dampak negatif buat kalian ladies. High hells akan membatasi ruang gerakmu, karena di Malaysia, utamanya Kuala Lumpur kalian harus terbiasa berjalan kaki. Daripada kaki kalian bengkak, mending pakai flat shoes aja guys.

Terlebih jika kalian berjalan sendirian dan tiba-tiba dikejar oleh pengganggu. Jadi ada baiknya gunakan sneaker saja ya.

6. Pilih penginapan yang berdekatan dengan pusat keramaian.
Untuk memilih lokasi penginapan kalian harus jeli, pilihlah tempat penginapan yang dekat dengan tempat makan, ATM dan minimarket. Kalian tak perlu lagi takut sendirian di lokasi penginapan yang berdekatan dengan pusat keramaian, pastinya selama 24 jam suasana akan selalu banyak orang lalu-lalang. Selain itu, kalian juga tak perlu lagi kesulitan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

7. Lebih baik memilih dorm khusus perempuan daripada campuran.
Jika kalian memilih penginapan semacam hotel maka tak masalah, tapi jika kalian ingin mengirit isi dompet maka hostel menjadi salah satu lokasi penginapan. Jika kalian memilih hostel kalian harus bersiap-siap, karena beberapa hostel mencampur dorm laki-laki dan perempuan. Seandainya kamu berjalan-jalan sendirian, ada baiknya memilih hostel yang menawarkan dorm terpisah antara laki-laki dan perempuan. Jika di Kuala Lumpur, kalian tidak akan kesulitan menemukan dorm yang terpisah. Kalian bisa mencari banyak info di jejaring situs penyedia hotel.

8. Bawa baterai cadangan dan adaptor universal.

universal adaptor. source: payporte

Ketika lagi asyik berwisata kalian tak ingin kan mati kutu gara-gara baterai handphone habis? Bawalah baterai handphone lebih dari satu agar handphonemu tetap aktif walau kamu tidak bisa menemukan stop kontak listrik untuk mengisi daya ponselmu.

Di samping itu bawa juga adaptor universal, karena standard untuk kelistrikan di Indonesia dan Malaysia berbeda, maka kita harus mempersiapkan adapter dari colokan 2 ke colokan 3. Ini sangat penting apalagi untuk kalian yang tidak bisa hidup tanpa gadget

9. Selalu hubungi keluargamu.
Baik sebelum berangkat, dalam perjalanan, berwisata di negara atau kota tujuanmu, dan perjalanan pulang selalu berikan kabar kepada keluargamu. Menghubungi keluargamu secara rutin bisa mengurangi rasa kesepianmu ketika berjalan-jalan sendirian dan juga memberikan rasa aman serta mengurangi kekhawatiran keluarga yang menunggu di rumah.

10. Jangan beritahu orang lain jika kamu akan traveling sendirian.
Ketika kita traveling sendirian usahakan jangan ada orang yang mengetahui kalau kalian sendirian. Jika kamu ingin bertanya ke orang asing, usahakan sedikit “berbohong” untuk keamananmu ladies. Saat ada yang bertanya apakah kamu berangkat sendirian, jawab saja kalau kamu bersama teman.

Solo traveling ke Malaysia adalah hal yang mudah dan mengasyikkan. Kita bisa belajar budaya tentang negeri Jiran yang masih serumpun dengan Indonesia. Enjoy your traveling!

***Foto Utama: Pexels